Kompas.com - 18/02/2013, 16:00 WIB
Penulis Iwan Santosa
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Staf TNI AL Laksamana (TNI) Marsetio memeriksa kesiapan sejumlah Kapal Pintar di Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Senin (18/2/2013).

Kepala Dispen (Kadispen) Kolinlamil Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman menjelaskan, sebanyak tiga unit Kapal Pintar akan digunakan untuk melayani masyarakat di daerah terpencil.

"Kapal pintar akan difungsikan sebagai perpustakaan dan sarana belajar keliling bagi masyarakat di pulau-pulau terpencil. Kapal yang dilengkapi berbagai fasilitas komunikasi dan buku itu diharapkan dapat membantu masyarakat yang selama ini mengalami kesulitan dalam berkomunikasi. Karena itu kapal yang pengoperasiannya bekerjasama dengan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan diharapkan dapat membantu masyarakat yang bermukim di daerah terpencil," ujar Marsetio.

Kapal pintar tersebut selanjutnya akan menyinggahi pulau-pulau terpencil di Kepulauan Riau, Sulawesi dan Papua secara reguler dan terjadwal, sehingga anak-anak setempat berkesempatan untuk secara berkesinambungan mendapatkan ilmu pengetahuan dan mengakses informasi yang dibutuhkan.

Kapal akan diserahkan kepada Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IV Tanjung Pinang, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VI Makasar, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) X Jayapura.    

Selain itu disiapkan pula mobil dan motor pintar sebagai perpustakaan bergerak (mobile library), yang dilengkapi buku-buku pengetahuan, alat peraga, dan perangkat IT yang terkoneksi dengan jaringan internet bagi anak-anak usia dini hingga sekolah menengah atas di wilayah yang selama ini belum terjangkau secara maksimal, tanpa dipungut biaya.

Sebanyak empat unit mobil pintar diserahkan masing-masing kepada  Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VII Kupang untuk dioperasikan di Lanal Rote Ndau Kabupaten Rote Ndau, dan kepada Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XI Merauke untuk dioperasikan di Kabupaten Merauke.

Juga kepada Komandan Korem 012 Teuku Umar untuk dioperasikan Kodim 0112 Sabang di Kota Sabang Propinsi Nangroe Aceh Darusalam, kepada Komandan Korem 131 Santiago untuk dioperasikan Kodim 1301 Satal di Kabupaten Tahuna dan satu unit motor pintar kepada Komandan Korem 131 Santiago untuk dioperasikan Koramil Miangas di Kota Miangas kabupaten Talaud, serta penandatanganan 26 prasasti sebagai tanda peresmian Rumah Pintar. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.