Kompas.com - 08/02/2013, 19:16 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski menuntut ilmu di luar negeri, para pelajar yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) tetap peduli dengan para korban banjir di Jakarta. Secara simbolik, mereka menyerahkan bantuan kepada Ketua PMI Indonesia Jusuf Kalla.

Para pelajar yang tersebar di 20 negara ini mengumpulkan dana mulai 21 hingga 31 Januari 2013. Sekitar Rp 140 juta berhasil mereka kumpulkan melalui sumbangan-sumbangan pelajar Indonesia.

"Sekitar 20 orang menyisihkan dana beasiswa mereka untuk disumbangkan kepada korban banjir. Sudah terkumpul sekitar 100 Euro atau sekitar Rp 1.300.000," ujar Denny Syamsuddin, mahasiswa Universidade de Coinbra, Portugal, Jumat (8/2/2013), di kantor pusat PMI Pusat, Jakarta.

Jusuf Kalla yang menerima secara simbolis bantuan tersebut mengatakan, aksi solidaritas ini sangat baik karena walaupun mereka berada di luar negeri, tetapi mereka masih peduli dengan kondisi negara mereka sendiri. Pada kesempatan itu, JK juga menceritakan bagaimana keadaan yang terjadi pada masa tanggap darurat tersebut.

Mantan Wakil Presiden RI ini menyatakan akan menyalurkan dana ini melalui program-program yang telah dibuat. "Dana ini akan disalurkan untuk program-program kita. Kita memang selalu ada program. Ini akan disalurkan ke dalam program-program seperti dapur umum, perlengkapan, makanan, pakaian dan lain-lain," tuturnya kepada Kompas.com.

Sementara Dennis Ardianto, seorang pelajar St Petersburg State Pediatric Medical University, yang merupakan perwakilan PPI Rusia mengatakan, acara penggalangan dana ini dilakukan di KBRI Rusia yang berada di Moskow. Dalam tersebut, di tampilkan pula kesenian-kesenian dari dalam negeri, seperti nyanyi-nyanyian, tari ataupun puisi.

"Tanggal 29 Januari kemarin kita buat acara dengan tema 'Senyum untuk Indonesia'. Acara tersebut yang terlibat orang Indonesia semua. Dari total 120 pelajar yang berada di Rusia, terkumpul sekitar Rp 20 juta," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Serah terima bantuan PPI ini diwakilkan oleh lima orang dari PPI yaitu, Dennis ardianto (PPI Rusia), Denny Syamsuddin (PPI Portugal), Tania Alvina (PPI Australia), Wenny Fitrianingsih (PPI Tiongkok) dan La ode mutakhir bolu (PPI Jerman).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.