Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Papua Siap Amankan Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 24/12/2012, 06:41 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah (Polda) Papua menyiagakan 3.793 personilnya yang tersebar disejumlah Polres kabupaten/kota yang ada diwilayah tersebut selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2013.

Kabid Humas Polda Papua, AKBP I Gede Sumerta Jaya berbicara kepada Antara Jayapura, Senin, mengatakan dalam Operasi Lilin guna pengamanan Natal dan Tahun Baru diwilayah tersebut telah dimulai sejak Minggu (23/12) kemarin hingga tanggal 1 Januari 2013.

"Untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru ada Operasi Lilin, dan telah dimulai sejak kemarin hingga 1 Januari 2013," katanya.

Mantan Kapolres Jayawijaya itu juga mengatakan pihaknya akan melakukan sweeping terhadap peredaran Minuman Keras dan Petasan, karena kedua hal ini sering menjadi penyebab terjadinya ketidak nyamanan bagi masyarakat.

"Pesan dari bapak Kapolda Papua agar seluruh warga di Papua saling menjaga keamanan dan ketertiban dilngkungan masing-masing. Sebab masalah ketertiban dan keamanan bukan semata-mata menjadi tanggungjawab aparat keamanan saja akan tetapi adalah tanggungjawab bagi seluruh warga," katanya.

Sebelumnya pada Jumat (21/12) Polda Papua menggelar apel gabungan pasukan yang disebut Operasi Lilin guna pengamanan Natal dan Tahun Baru 2013 dilapangan PTC Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

Yang mana pasukan yang dilibatkan dalam pengamanan tersebut diikuti oleh seluruh kesatuan pengamanan Polri dan dari tiga kesatuan yakni TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) serta Dinas Perhubungan (Dishub) serta Jasa Raharja. Sebanyak 82.723 perseonil yang diterjunkan dalam pengamanan tersebut, yang terdiri dari Polri 3.793 personil, TNI 15.024 personil serta instansi terkait dan komponen masyarakat lain.

Kapolda Papua Irjen Pol Tito Karnavian yang bertindak selaku inspektur upacara meminta kepada setiap aparat keamanan untuk melakukan tugas secara bertanggungjawab dengan memberikan rasa kenyamanan kepada setiap warga Negara yang ada didaerah tersebut, terutama bagi warga yang akan melakukan ibadah dalam perayaan hari Natal maupun Tahun Baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com