Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Ambon Pawai Damai Sambut Natal

Kompas.com - 23/12/2012, 17:39 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Ratusan warga Kota Ambon yang terdiri dari perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi kepemudaan dan keagamaan, perwakilan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Kota Ambon, Minggu (23/12/2012) sore, menggelar pawai damai jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2013.

Pawai damai ini mengambil start di halaman Mapolres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease. Dari situ, belasan mobil yang membawa ratusan peserta pawai ini mengelilingi sejumlah jalan dan kawasan di Kota Ambon, di antaranya Jalan AY Patty, Jalan Sultan Babullah, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan dr Kayode, dan sejumlah jalan lainnya.

Menariknya, pawai ini juga diikuti pemuda dari dua komunitas agama di Kota Ambon, di antaranya pemuda Batu Merah, pemuda Waihaong, pemuda Benteng, pemuda Mardika, dan sejumlah pemuda lain. Ikut dalam pawai damai ini Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease AKBP Suharwiyono, dan Dandim 1504 Pulau Ambon Letkol (Inf) JL Toruan.

Dalam pawai itu, ratusan peserta menyerukan kepada warga yang dilewati untuk dapat menyambut Natal dengan suka cita dan saling menghargai. Sebelumnya, Kapolres Pulau Ambon mengatakan, pawai tersebut sengaja digelar untuk mengajak warga Kota Ambon agar dapat saling menjaga kondisi keamanan yang sudah semakin kondusif aman dan damai.

"Pawai damai ini sudah digelar untuk yang kedua kali. Tujuannya tak lain untuk mengajak masyarakat agar dapat menjaga situasi Kota Ambon yang sudah sangat kondusif saat ini," kata Kapolres.

Menurut dia, pawai yang digelar ratusan peserta dari latar belakang suku dan agama yang berbeda ini menandakan bahwa warga Kota Ambon sangat saling menghargai antarsesama dan telah siap untuk menjaga kondisi keamanan saat Natal nanti.

"Pawai ini menandakan bahwa warga Ambon menginginkan adanya suasana yang sangat harmonis. Kami juga ingin menunjukkan bahwa Kota Ambon itu sangat damai, dan saya kira itulah yang dirasakan akhir-akhir ini," ungkap Kapolres.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan, pawai damai ini secara psikologis akan sangat berdampak terhadap harmonisasi antarumat beragama di Kota Ambon, khususnya jelang Natal nanti. "Saya yakin pawai damai ini punya dampak positif yang sangat besar di masyarakat. Ini menunjukkan bahwa warga Kota Ambon cinta damai," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com