Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seusai Diperiksa, Sukotjo "Menghilang"

Kompas.com - 05/11/2012, 21:28 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Tersangka kasus dugaan korupsi Simulator SIM, Sukotjo S Bambang menghilang dari buruan jurnalis yang sudah lama menunggu sejak siang pukul 11.40 WIB, di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Jalan Ganesha, Bandung, Senin (5/11/2012).

Sebelumnya, Sukotjo dijemput di rumah tahanan (rutan) Kebonwaru Bandung, Jalan Jakarta oleh petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuju kampus ITB. Sukotjo tiba di ITB sekitar pukul 11.32 WIB. Para jurnalis pun mengikutinya.

Sukotjo diperiksa KPK dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di ITB beserta tim dari ITB, di laboratorium Termodinamika (PAU-Ilmu Rekayasa) ITB lantai 3. Proses pemeriksaan berlangsung tertutup bagi jurnalis. Jurnalis diawasi ketat oleh petugas keamanan ITB.
 
Para jurnalis setia menunggu hingga pemeriksaan usai. Sukotjo selesai diperiksa sekitar pukul 17.30 WIB.

Saat pemeriksaan usai, Sukotjo dikabarkan berada di lantai dua menuju bawah. Para jurnalis siap siaga di bawah dengan "senjatanya" masing-masing. Saat itu Sukotjo turun ke bawah menggunakan lift di bagian belakang gedung dengan dikawal tiga orang petugas KPK.

Jurnalis Jawa Pos, Iqbal Kukuh Saokani sempat mengejar Sukotjo, namun sayang dihadang satpam. "Saya tadi sempat mengejar, tapi satpam menghalangi saya, saya kehilangan jejak. Kayaknya ia lewat pintu bagian belakang, soalnya banyak sekali pintu," katanya.

Saat itu, para jurnalis kehilangan jejak Sukotjo. Beberapa jurnalis mencari-cari di beberapa ruas pintu, namun sayang, jejaknya tidak ditemukan.

Awal keberangkatannya dari rutan, Sukotjo dibawa menggunakan Toyota Kijang warna hitam dengan plat nomor B 1947 UFR. Namun, ketika jurnalis mengawasi kepulangan mobil itu, Sukotjo menghilang entah kemana. Sukotjo tidak ada di dalam mobil.

Sementara itu, pengacara Sukotjo S. Bambang, Eriek S. Paat mengatakan, tidak ada maksud bagi kliennya mengindari para jurnalis. "Bukannya dia mau menghindar, tapi karena faktor keamanan saja," singkatnya.

Menurutnya, Sukotjo langsung dikembalikan ke Rutan Kebonwaru, Bandung diantar petugas KPK. "Iya, tadi diantar petugas KPK menggunakan mobil, dia langsung ke Kebonwaru," pungkasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com