Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mempromosikan Maluku Melalui Karya Kriya

Kompas.com - 22/10/2012, 02:40 WIB

Oleh Luki Aulia dan Antonius Ponco Anggoro

 Untuk mengembangkan potensi kekayaan alam dan seni budaya yang melimpah di Maluku, terutama kayu dan motif ornamen, kriya kayu dan tekstil menjadi program keahlian pertama yang dibuka di SMK Negeri 7 Ambon tahun 1999. Kini, sekolah ini mampu mengembangkan kain batik dan beragam kerajinan kayu dengan motif ornamen khas Maluku yang melambangkan kesucian dan kekuatan.

Masyarakat setempat semakin mengenal berbagai karya siswa karena kerap berpromosi melalui pameran kerajinan dan kesenian yang rutin diselenggarakan sekolah yang dahulu bernama Sekolah Menengah Industri Kerajinan (SMIK) ini. Kain batik, kerajinan, dan mebel kayu tidak pernah sepi dari pesanan.

”Pesanan daun pintu, jendela, dan lemari dengan ornamen Maluku juga makin banyak sekarang. Ciri khas produk kami, selalu ada ornamen Maluku. Siswa bisa mengerjakan 40 pintu seperti itu dalam sebulan,” kata Agus Titioka, salah seorang guru kriya kayu.

Untuk mengasah keterampilan, awalnya siswa harus bisa membuat tempat lilin, kotak perhiasan, dan bangku dengan alat kerja manual, seperti ketam, pahat, dan gergaji. Baru kemudian saat di kelas XI, siswa mulai diperkenalkan dengan peralatan mesin, seperti bubut, alat serut, dan raut. Karena Maluku kaya hasil kayu, misalnya sonokeling, sekolah tidak pernah kesulitan memperoleh bahan baku.

Kepala SMKN 7 Ambon Achmad T Kubangun mengatakan, sekolah yang dipimpinnya memiliki enam program keahlian, yakni desain dan produksi kriya kayu, tekstil, logam, musik nonklasik, teknik komputer jaringan (TKJ), serta multimedia.

Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan kompetensi siswa dan guru, sekolah ini kerap mengundang praktisi dan ahli kriya dari Yogyakarta dan Bali untuk mengajar. Selain itu, sekolah pun kerap mengirim guru dan siswa untuk mempelajari karya kriya di Bali dan Yogyakarta. Untuk praktik kerja industri, sekolah sudah menjalin kerja sama dengan 66 industri.

Minat turun

Dalam dua tahun terakhir, peminat sekolah ini meningkat pesat. Bahkan, sekolah terpaksa menolak hingga 300 siswa karena keterbatasan daya tampung dan guru. Hanya saja, animo yang besar itu untuk teknik komputer jaringan dan multimedia. Apalagi setelah sekolah ini ditunjuk menjadi pusat perakitan komputer PC, laptop, dan proyektor digital untuk wilayah Maluku bekerja sama dengan perusahaan Zyrex.

Adapun jurusan kriya justru stagnan satu kelas untuk setiap tingkat dan ada kecenderungan menurun. Padahal, permintaan terhadap karya kriya khas Maluku justru sedang tinggi. Karya kriya siswa yang dijual di pameran selalu laris terjual.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com