Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wasekjen Golkar: Figur Prorakyat Pantas Dampingi Ical

Kompas.com - 21/09/2012, 19:53 WIB
Imam Prihadiyoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Ricky Rachmadi mengatakan, pencapresan Ketua Umum DPP Partai Golkar, Aburizal Bakrie pada Pilpres 2014 pantas diduetkan dengan figur berbobot nasional prorakyat sebagai calon wakil presidennya.

"Soal siapa orangnya, hal itu dapat segera dirumuskan oleh DPP Golkar dengan menetapkan sejumlah nama potensial, untuk kemudian dikeluarkan sosok paling pantas berdasarkan seleksi yang jelas, tepat, dan layak," jelas Ricky di Jakarta, Jumat (21/9/2012).

Menurutnya, sejumlah figur prorakyat yang dapat mendampingi Ical bisa berasal dari kalangan muda atau bukan. Namun demikian, perekrutan tokoh-tokoh tersebut hendaknya memenuhi alasan kriteria utama baik popularitas di tingkat nasional, intelektualitas, integritas moral dan kadar nasionalisme kebangsaan, pengalaman yang luas, serta bila diperlukan mendapat pengakuan internasional.

"Termasuk, untuk membangun agenda-agenda pemberdayaan kerakyatan, tokoh-tokoh itu sepatutnya dari latarbelakang yang berpihak kepada semangat rakyat," katanya, seraya menambahkan, sosok Ical selaku pengusaha perlu mendapat keseimbangan dari cawapresnya yang berorientasi pada penciptaan kemartabatan hidup rakyat.

Dikatakan, dengan mengusung cawapres prorakyat maka kekuatan dukungan publik bagi Ical pun akan semakin besar, sehingga memberi peluang kemenangan Golkar dalam upaya memimpin bangsa ke depan.

"Tenaga Golkar juga akan lebih berdaya karena hadirnya kekuatan-kekuatan pendukung prorakyat dalam ikut mewujudkan kepemimpinan nasional, yang momentum kebangkitan agenda rakyatnya diperjuangkan oleh Partai Golkar," jelasnya.

Ricky berpendapat, mengupayakan keberadaan sosok prorakyat menjadi cawapres Ical, jelas memiliki dampak strategis mengingat hal itu akan melahirkan gambaran politik Partai Golkar yang berkiblat pada kebutuhan reformasi kepemimpinan bangsa, melalui kesungguhan menampilkan figur pendamping sesuai harapan rakyat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com