Jumlah Pemudik Tembus 11,3 Juta Orang

Kompas.com - 24/08/2012, 18:07 WIB
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah pemudik pada H-7 (12/8/2012) hingga H+3 (23/8/2012) Lebaran telah mencapai 11,3 juta orang. Angka ini naik cukup signifikan dibanding periode yang sama tahun lalu.

Posko Harian Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2012 di Kementerian Perhubungan mencatat bahwa jumlah pemudik tahun lalu mencapai 9,7 juta orang pada periode tersebut. Pemudik terbesar berada di moda angkutan jalan dengan 3,2 juta orang. Adapun pemudik dengan kereta api sebanyak 1,4 juta pemudik dan pesawat terbang, khususnya untuk rute domestik, sebesar 1,7 juta orang.

Tahun ini pemudik yang menggunakan angkutan jalan tetap menjadi yang terbesar, yakni 3,9 juta orang. Kenaikan cukup besar dialami moda kereta api yang mengangkut 1,8 juta pemudik. Ini berarti kenaikan sekitar 400.000 orang dari tahun lalu. Sementara itu, pemudik yang memakai jasa angkutan udara sudah mencapai 2,2 juta orang. Total sementara hingga H+3 atau Kamis kemarin, jumlah pemudik mencapai 11,3 juta orang.


Baca tentang
    Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


    Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X