Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lelah dan Ispa Dominasi Keluhan Pemudik

Kompas.com - 17/08/2012, 09:55 WIB
Defri Werdiono

Penulis

BANJARMASIN, KOMPAS.com — Lelah menunggu keberangkatan kapal yang hendak membawa mereka ke tempat tujuan membuat sejumlah pemudik di Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mengeluhkan kondisi kesehatan.

Apalagi, tidak sedikit dari mereka yang datang dari daerah yang cukup jauh, seperti Palangkaraya, Kalimantan Tengah, yang harus lebih dulu melalui perjalanan darat cukup lama sebelum sampai di pelabuhan tujuan.

Kepala Seksi Upaya Kesehatan Posko Bersama di Pelabuhan Trisakti, YR Patari, Jumat (17/8/2012), mengatakan, hingga Kamis kemarin ada 300-an penumpang yang sekadar memeriksakan kondisi kesehatan ringan dan 70-an lainnya yang pemeriksaannya sedikit agak detail.

Kebanyakan hanya memeriksakan kondisi kesehatan, seperti cek tekanan darah. "Keluhan lainnya ada yang infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Ini cukup wajar mereka alami karena kondisi badan yang lelah dalam perjalanan," ujarnya.

Sementara itu, untuk penumpang yang menderita sakit kronis dan ibu melahirkan, menurut Patari, sejauh ini belum ada. Begitu pula penumpang korban kejahatan belum ditemukan.

Sehari sebelumnya, petugas kesehatan di Posko Bandara Syamsudin Noor di Banjarbaru menuturkan, keluhan yang umumnya dialami penumpang adalah kecapaken dan ISPA. Namun, jumlah penumpang yang menyampaikan keluhannya di Bandara Syamsudin Noor tak sebanyak di Pelabuhan Trisakti, yakni hanya 10-an orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com