Kompas.com - 03/08/2012, 13:35 WIB
EditorHindra

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Kaum Muslimin dan Muslimat berpuasa tidak hanya menahan haus dan lapar. Mereka juga berlomba untuk banyak beribadah dan berbuat kebaikan.

Masjid yang menjadi pusat ibadah membuka pintu 24 jam untuk memberi waktu dan tempat bagi mereka yang hendak mendekatkan diri kepada Allah SWT secara khusyuk. ”Hari biasa kami buka pukul 04.00-22.00 setiap hari. Namun, khusus tiap Ramadhan, kami membuka masjid 24 jam,” tutur Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal Jakarta Hadi Mubarok beberapa waktu lalu.

Bahkan, Pengurus Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) membuat 17 program untuk menyambut Ramadhan. Selain membuka pintu masjid 24 jam untuk mereka yang mau beriktikaf, pengurus juga menyediakan makanan buka puasa bagi 3.000 orang selama sebulan penuh, tilawatil (pembacaan) Al Quran oleh qari/qariah nasional menjelang tarawih, pesantren kilat bagi remaja, hingga pemberian santunan bagi 1.000 anak yatim.

Iktikaf merupakan kegiatan berdiam diri secara khusyuk di dalam masjid untuk beribadah, seperti membaca Al Quran, menjalankan shalat wajib dan sunah, serta melakukan introspeksi.

Di Masjid Istiqlal, pengurus sengaja tak memisahkan kegiatan antara warga berusia dewasa dan para remaja. ”Justru kami buat kegiatan yang bisa diikuti oleh semua umur supaya lebih bisa berbaur dan anak muda bisa belajar lebih banyak,” tutur Mubarok.

Panti jompo

Acara berbeda diadakan oleh Youth Islamic Study Club (YISC) Masjid Al Azhar, Jakarta Selatan. Ketua Pelaksana Senandung Syahdu Bulan Suci (Sensasi) Masjid Al Azhar Beti Septikawati NS menyatakan memiliki beragam program dari awal Ramadhan sampai 12 Agustus nanti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kegiatan tak hanya diadakan di aula masjid atau sekolah Al Azhar, tetapi juga di luar, umpamanya pesantren bagi anggota YISC dan anak penghuni panti asuhan di bumi perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan.

"Ada 80 peserta, separuh anggota YISC dan separuh adik-adik dari lima panti asuhan. Acaranya tausiah (ceramah), berbuka dan sahur bersama, serta aneka permainan. Seluruh peserta, cewek dan cowok, tidur di tenda,” kata Koordinator Bidang Sosial Sensai Yosi Pradila.

Mereka juga mendatangi panti jompo di Jalan Radio Dalam, Jakarta Selatan, untuk menghibur sekitar 160 oma-opa di sana lalu berbuka puasa bersama.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X