Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akses Masyarakat ke Sistem Keuangan Masih Rendah

Kompas.com - 13/06/2012, 13:27 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Kusumaningtuti S Soetiono, mengatakan, akses masyarakat Indonesia ke sistem keuangan masih rendah. Padahal, kata dia, melalui akses yang luas ke sistem keuangan, perbedaan pendapatan di antara masyarakat bisa diturunkan.

"Menurut data dari Global index yang dikeluarkan Bank Dunia pada tahun 2012 ini, akses ke sistem keuangan di negara berkembang termasuk di Asia Timur dan Asia Selatan, Indonesia termasuk di dalamnya, masih rendah atau di bawah 50 persen dari jumlah penduduk pada usia 15 tahun dan ke atas, serta dari lembaga keuangan berupa bank, credit union, koperasi, kantor pos dan lembaga micro finance," sebut Kusumaningtuti, dalam uji kepatutan dan kelayakan di Komisi XI DPR RI, Jakarta, Rabu (13/6/2012).

Kondisi rendahnya akses masyarakat ke sistem keuangan sangat disayangkan. Pasalnya, dengan akses yang luas ke sistem keuangan atau sistem keuangan yang mencakup ke usaha mikro, masyarakat miskin, kaum wanita serta rumah tangga produktif, maka bisa menurunkan perbedaan pendapatan di antara masyarakat.

Luasnya akses tersebut juga bisa mendukung pertumbuhan ekonomi. Untuk itu, sebagai solusi, Kusumaningtuti menyebutkan perlunya edukasi ke masyarakat luas, khususnya ke sektor usaha non-formal, usaha mikro, hingga masyarakat miskin yang produktif. Tanpa edukasi, masyarakat tersebut akan sulit terjaring ke dalam sistem keuangan.

Masalah rendahnya akses masyarakat ke sistem keuangan, kata dia, akan bertambah parah bila rasa kepercayaan masyarakat tidak terbangun dengan baik terhadap sistem keuangan. "Oleh karena itu, penataan market conduct lembaga jasa keuangan menjadi penting untuk menciptakan pasar yang fair yang kondusif bagi seluruh pihak dalam menggunakan fasilitasi sistem keuangan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com