Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Datangi Rumah JK, Foke Minta Saran Soal Jakarta

Kompas.com - 27/05/2012, 16:22 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo mendatangi kediaman mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Minggu (26/5/2012), siang di Jalan Brawijaya Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Di dalam kunjungannya itu, Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, mengaku hanya meminta saran terkait persoalan Jakarta.

"Saya diterima pak JK karena kan dulu dia Wapres jadi memberikan saran dan gagasan untuk bangun Ibu Kota. Saya berterima kasih kepada beliau karena telah memberikan banyak saran," ungkap Foke, Minggu (26/5/2012), usai pertemuan di rumah JK.

Pertemuan itu berlangsung tertutup selama 1,5 jam. Foke yang kini mencalonkan diri kembali sebagai Gubernur DKI Jakarta saat itu tampak didampingi juru bicara tim pemenangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli, Yuddy Chrisnandi.

Saat ditanyakan soal agenda lain dari pertemuan tersebut, Foke menjawabnya singkat. "Agenda apa lagi? Sharing saja. Tapi saya mohon doanya saja," imbuh kandidat calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 1 ini.

Dalam kesempatan yang sama, Jusuf Kalla menuturkan dirinya tadi lebih banyak berdiskusi soal tiga permasalahan pokok Jakarta yakni soal macet, banjir, dan perumahan rakyat.

"Bagaimana pun ini harus diselesaikan dengan baik supaya Jakarta sepadan dengan kota-kota lain. Tiga hal pokok itu pelu diselesaikan pemerintah biar yang lain dikerjakan swasta misal mal, pabrik, atau usaha lain," imbuh JK.

Di dalam pembangunan Jakarta, peran JK juga terbilang cukup aktif sewaktu menjadi Wakil Presiden dulu. Foke mengenang bahwa pembangunan banjir kanal timur (BKT) yang ditujukan untuk mengatasi banjir di kawasan timur Jakarta juga tidak terlepas dari peran JK.

"Keputusan BKT saat itu juga atas dukungan pemerintah pusat yang membangun, sementara pemda hanya memberikan lahan. Ini beliau juga yang koordinasikan," pungkas Foke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com