Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

60.000 Buruh Bakal Ramaikan Ibu Kota

Kompas.com - 24/04/2012, 15:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk mengamankan kawasan Ibu Kota dan sekitarnya saat peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day pada 1 Mei mendatang, Polda Metro Jaya bakal menyiagakan sebanyak 16.167 personel. Pada hari itu diperkirakan sekitar 60.000 buruh bakal menggelar aksi unjuk rasa di sejumlah titik, seperti di depan Gedung MPR/DPR, di depan Gedung Istana Negara, dan Bundaran HI.

Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya Komisaris Besar Agus Budi mengatakan, hingga saat ini belum ada dari massa buruh yang mengajukan izin menggelar aksi demonstrasi pada 1 Mei mendatang.

"Intinya, Polda Metro Jaya siap mengamankan jalannya aksi pada peringatan Hari Buruh Internasional. Dalam pelaksanaannya, tentu kami akan mendapatkan back up dari TNI dan Pemprov DKI Jakarta," ujar Agus Budi seusai mengikuti rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompida) di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (24/4/2012).

Dirinya memprediksi, titik utama yang akan menjadi konsentrasi massa adalah di Bundaran HI. Setelah itu, massa diperkirakan akan melakukan aksi longmarch ke Istana Negara dan kembali ke kawasan Gelora Bung Karno. "Titik akhir berada di Gelora Bung Karno karena rencananya akan ada hiburan di sana," ungkap Budi.

Agus juga memprediksi akan terjadi kepadatan arus lalu lintas karena sejumlah ruas jalan akan dipenuhi massa. Untuk itu, kata Agus, masyarakat diharapkan bisa mencari jalur alternatif agar tidak terjebak kemacetan. Terkait hal itu, pihaknya akan melakukan sosialisasi pengalihan arus. Namun, pengalihan arus ini bersifat situasional.

"Sepanjang jalan akan kami amankan. Terlebih di jalan yang berpotensi ada kemacetan. Secara teknis akan disosialisasikan ke masyarakat soal pengalihan arus. Paling tidak masyarakat sudah tahu lebih awal sehinga bisa mengambil jalan alternatif," katanya.

Agus mengimbau kepada massa buruh yang akan melakukan demonstrasi agar tertib dan tidak merusak fasilitas umum. Ia memperkirakan, izin unjuk rasa baru diterima oleh Polda Metro Jaya pada H-3 May Day.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Fadjar Panjaitan menambahkan, rapat koordinasi yang berlangsung hari ini sengaja digelar untuk mengantisipasi peringatan Hari Buruh Internasional di Jakarta.

Untuk membantu petugas kepolisian saat mengamankan peringatan Hari Buruh Internasional, ditambahkan Fadjar, pihaknya juga akan mengerahkan sebanyak 530 personel Satpol PP.

"Permintaan buruh, bisa dilakukan dalam forum melalui orasi. Kami berharap buruh yang ada di Jakarta seyogianya merayakan Hari Buruh ini dengan sukacita," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com