Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan: Pelayanan Tol BUMN Lebih Baik daripada Swasta

Kompas.com - 10/04/2012, 15:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan mengungkapkan, pelayanan jalan tol milik badan usaha milik negara lebih baik dibandingkan dengan perusahaan swasta. Hal ini terbukti dari pengaturan dan frekuensi kemacetan yang berada di gerbang tol.

"Biasanya, kan, orang sering ngomong kalau pelayanan swasta lebih baik. Namun, tidak dalam hal pelayanan jalan tol," kata Dahlan Iskan ketika ditemui di Perum Perhutani, Jakarta, Selasa (10/4/2012).

Sementara itu, mengenai kesalahan membuka pintu tol di Ancol yang dikira milik BUMN, tetapi ternyata milik operator swasta (PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP)), Dahlan menilai itu sebagai kelalaian.

Untuk itu, Dahlan meminta maaf kepada manajemen CMNP dan bersedia mengganti kerugian yang diderita oleh CMNP. "Ya, tetapi, kan, baik walau saya salah. Akan tetapi, saya tidak tahu kerugiannya berapa," tuturnya.
    
Dia menilai, kesalahannya membuka pintu tol Ancol Barat merupakan keuntungan apabila dilihat dari sisi penghematan bahan bakar minyak (BBM) yang digunakan oleh kendaraan yang terjebak macet.  "Saya kira keuntungannya lebih banyak dari sisi penghematan BBM akibat kemacetan itu," ujarnya.

Kesalahan Dahlan dalam mengizinkan para pengguna jalan untuk memasuki gerbang tol Ancol Barat tanpa membayar berlangsung pada Senin  (9/4/2012) sore.  Dahlan mengaku tidak menyadari bila tol Ancol Barat dikuasai oleh operator swasta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com