Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Demo di Istana, Sebagian Jalan Ditutup

Kompas.com - 21/03/2012, 13:38 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekitar 10.000 buruh yang berunjuk rasa telah mencapai lokasi yang menjadi tujuan, Istana Merdeka. Pihak keamanan terpaksa menutup sementara Jalan Medan Merdeka Barat dari arah Istana menuju Jalan MH Thamrin. Pengunjuk rasa sebelumnya berkumpul di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Rabu (21/3/2012).

Mereka kemudian berarak menuju Istana. Sesampai di Jalan Medan Merdeka Barat, mereka memilih berjalan melintasi jalur yang berlawanan arah. Aparat keamanan pun terpaksa menutup sementara lintasan tersebut.

Saat seluruh rombongan pengunjuk rasa telah mendekati Istana, polisi sempat membuka kembali jalur tersebut. Namun, salah satu kelompok, KSBSI, enggan beranjak dari jalan. "Jangan anggap tindakan kami anarki, Pak Polisi. Yang anarki adalah kebijakannya," kata salah seorang orator dari KSBSI.

Dia pun meminta anggotanya untuk tidak mengindahkan permintaan aparat untuk menjauh dari jalan umum. Saat ini arus lalu lintas tidak sampai macet parah karena tidak begitu banyak jumlah kendaraan yang melintas di kawasan Medan Merdeka, Jalan Majapahit, dan Jalan Veteran.

Sementara itu, pihak keamanan telah menerapkan keamanan berlapis untuk menghindari kericuhan. Tepat di depan pagar Istana, telah berbaris personel TNI berbaret hijau. Di depannya, berbaris pasukan polisi antihuru-hara.

Di sisi terluar Jalan Medan Merdeka Utara telah dijejerkan dua tingkat barikade kawat berduri. Di depannya, aparat kepolisian berbaris rapi, sedangkan di depan para demonstran, tetap berjejer anggota Sabhara bersama sejumlah perwira Polri, di antaranya Kapolrestro Jakarta Pusat Kombes Angesta Yoyol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com