Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oktarina Furi Diharapkan Ungkap Peran Anas

Kompas.com - 27/01/2012, 14:21 WIB
Icha Rastika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Oktarina Furi, mantan pegawai PT Permai Grup akan bersaksi dalam persidangan Muhammad Nazaruddin, terdakwa kasus dugaan suap wisma atlet SEA Games 2011 yang berlangsung di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Jumat (27/1/2012). Furi merupakan mantan anak buah Nazaruddin sekaligus staf pribadi Neneng Sri Wahyuni, istri Nazaruddin.

Kuasa hukum Nazar, Hotman Paris Hutapea mengatakan, pihaknya berharap kesaksian Furi ini dapat mengungkap peran Anas Urbaningrum. "Dari Oktarina Furi dia bisa menjelaskan sebenarnya siapa yang jadi bosnya," kata Hotma di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Jumat.

Menurut Hotma, atasan Furi dan Yulianis yang sebenarnya adalah Anas Urbaningrum. Ketua Umum DPP Partai Demokrat itu, disebutnya sebagai pemilik Permai Grup. "Karena Yulianis katakan sampai April, Anas masih menerima gaji Permai Grup," ungkap Hotma.

Sebelumnya, saat bersaksi di Persidangan, Yulianis (Wakil Direktur Keuangan Permai Grup) mengatakan bahwa Anas beberapa kali menerima gaji dari perusahaan tersebut. Namun Yulianis mengaku tidak melihat ada nama Anas dalam akta pendirian perusahaan milik Nazaruddin itu.

Yulianis mengatakan, Permai Grup mengeluarkan uang hingga Rp 16 miliar untuk belanja proyek wisma atlet. Uang Permai Grup juga mengalir ke Anas Urbaningrum dan Andi Mallarangeng saat keduanya mencalonkan diri sebagai ketua umum Partai Demokrat.

Selain itu, kata Yulianis, uang Permai Grup ada yang mengalir ke anggota Badan Anggaran DPR, Wayan Koster dan Angelina Sondakh. Yulianis mengungkapkan, uang untuk Angelina dan Wayan tersebut diantarkan oleh supirnya, Luthfi ke DPR.

Hari ini, Luthfi juga akan diperiksa sebagai saksi persidangan Nazaruddin. Dalam kasus ini,Nazaruddin didakwa menerima pemberian berupa cek senilai Rp 4,6 miliar dari Mindo Rosalina (Direktur Keuangan PT Anak Negeri) dan Mohamad El Idris (Manajer Pemasaran PT Duta Graha Indah). Pemberian itu untuk meloloskan PT DGI sebagai pelaksana proyek wisma atlet SEA Games 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com