Presiden Ma Klaim Kemenangan

Kompas.com - 14/01/2012, 20:19 WIB
EditorKistyarini

TAIPEI, KOMPAS.com - Calon petahana (incumbent) Presiden Ma Ying-jeou mengklaim kemenangan pada pemilihan presiden Taiwan yang dilaksanakan pada Sabtu (14/1/2012). Kemenangan itu memberinya masa jabatan kedua hingga empat tahun ke depan.

"Kita menang," kata Ma di hadapan ribuan pendukungnya yang berkumpul di markas besar kampanyenya di pusat kota Taipei.

Pihak berwenang belum mengumumkan secara resmi hasil final perolehan suara setiap kandidat, yakni Ma Ying-jeou, Tsai Ing-wen, dan James Soong. Namun hasil tak resmi menunjukkan Ma memperoleh 51,5 persen suara dari 90 persen kertas suara yang sudah dihitung.

"Ini bukan kemenangan pribadi saya. Ini adalah kemenangan rakyat Taiwan dan kemenangan menuju integritas, kemakmuran, dan perdamaian," serunya. Di masa pemerintahannya, lelaki 61 tahun itu berhasil mencairkan hubungan dengan China sejak Taiwan memisahkan diri 60 tahun silam.

"Saya berjanji akan melakukan yang terbaik. Saya tidak akan bersantai-santai sebelum meraih tujuan," tegas Ma. Dia mengungguli pesaing utamanya, calon presiden perempuan pertama negeri itu, Tsai Ing-wen, yang memperoleh 45,7 persen suara.

Kemenangan Ma sebenarnya sudah diprediksi. Berbagai jajak pendapat yang diadakan pekan lalu menunjukkan keunggulannya dibandingkan Tsai, meskipun angkanya cukup tipis, yakni tiga persen.

Baik Amerika Serikat maupun China memberi perhatian penuh pemilihan presiden Taiwan ini. Kemenangan Ma dipandang sebagai mandat baru bagi kebijakannya untuk mendekatkan hubungan dengan China.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X