Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Ma Klaim Kemenangan

Kompas.com - 14/01/2012, 20:19 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com - Calon petahana (incumbent) Presiden Ma Ying-jeou mengklaim kemenangan pada pemilihan presiden Taiwan yang dilaksanakan pada Sabtu (14/1/2012). Kemenangan itu memberinya masa jabatan kedua hingga empat tahun ke depan.

"Kita menang," kata Ma di hadapan ribuan pendukungnya yang berkumpul di markas besar kampanyenya di pusat kota Taipei.

Pihak berwenang belum mengumumkan secara resmi hasil final perolehan suara setiap kandidat, yakni Ma Ying-jeou, Tsai Ing-wen, dan James Soong. Namun hasil tak resmi menunjukkan Ma memperoleh 51,5 persen suara dari 90 persen kertas suara yang sudah dihitung.

"Ini bukan kemenangan pribadi saya. Ini adalah kemenangan rakyat Taiwan dan kemenangan menuju integritas, kemakmuran, dan perdamaian," serunya. Di masa pemerintahannya, lelaki 61 tahun itu berhasil mencairkan hubungan dengan China sejak Taiwan memisahkan diri 60 tahun silam.

"Saya berjanji akan melakukan yang terbaik. Saya tidak akan bersantai-santai sebelum meraih tujuan," tegas Ma. Dia mengungguli pesaing utamanya, calon presiden perempuan pertama negeri itu, Tsai Ing-wen, yang memperoleh 45,7 persen suara.

Kemenangan Ma sebenarnya sudah diprediksi. Berbagai jajak pendapat yang diadakan pekan lalu menunjukkan keunggulannya dibandingkan Tsai, meskipun angkanya cukup tipis, yakni tiga persen.

Baik Amerika Serikat maupun China memberi perhatian penuh pemilihan presiden Taiwan ini. Kemenangan Ma dipandang sebagai mandat baru bagi kebijakannya untuk mendekatkan hubungan dengan China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com