Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Gelar Aksi Solidaritas Bima

Kompas.com - 27/12/2011, 13:12 WIB
Syamsul Hadi

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Puluhan mahasiswa yang bergabung dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Jember menggelar aksi solidaritas untuk korban Bima di DPRD Jember, Jawa timur, Selasa (27/12/2011) ini. Mereka mengutuk aksi penembakan oleh aparat kepolisian terhadap warga sipil dan mahasiswa sampai menelan korban jiwa.

Untuk itu, mahasiswa mendesak Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM) segera terjun langsung untuk mencari fakta di lapangan. Selain itu, mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut kemungkinan ada korupsi pada proses terbitnya surat perizinan tambang.

Mahasiswa juga meminta supaya pemerintah melakukan moratorium dan mencabut izin seluruh penambangan tambang emas, tembaga, dan batu bara yang merusak lingkungan.

"Usut tuntas pula keterlibatan Gubernur Nusa Tenggara Barat dan Bupati Bima terkait pemberian izin tambang di daerah tersebut," ujar Kamiludin, kordinator aksi.

Mahasiswa pun mendesak supaya DPR RI supaya membentuk panitia kerja soal Bima.

Selain itu, polisi diminta supaya mengkaji kembali proses pembubaran massa demi keamanan bersama, serta untuk memperbaiki kerja polisi secara professional. Aksi solidaritas yang diikuti sekitar 30 mahasiswa ini memperoleh penjagaan sekitar dua peleton anggota kepolisian.

Aksi diakhiri setelah perwakilan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah berkirim tuntutan ke DPR RI melalui faksimil yang dikirim melalui kantor sekretariat DPRD Jember. Usai aksi, puluhan mahasiswa itu pulang dengan diantar kendaraan operasional Polres Jember.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com