Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Aqua, Adik Termuda Prius

Kompas.com - 16/11/2011, 10:31 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Selain mengandalkan tiga mobil konsep di ajang Tokyo Motor Show, Desember 2011, Toyota juga akan mendebut Aqua. Hatchback ini merupakan "adik" termuda dari keluarga Prius yang untuk pasar AS dan Eropa akan diberi nama Prius C.

Aqua akan melengkapi dua Prius Gen-3 dan Prius V yang sudah diluncurkan sebelumnya. Bentuknya lebih kompak, dengan panjang sumbu roda 149,18 mm lebih pendek dari model standar yang 2.550mm. Sedangkan ukuran lebar dan tinggi relatif sama, yakni 1.694 mm dan 1.445 mm.

Toyota mengaku Aqua lebih aerodinamis dan desain lebih agresif dengan garis bemper lebih kurus, lampu kabut bentuk segitiga dan gril lebih "simpel". Bagian buritan juga lebih segar.

Prius C menggunakan sistem Hybrid Synergy Drive, teknologi kebanggaan Toyota. Memadukan mesin 1.5 liter dengan motor listrik yang menerima asupan tenaga dari baterai lithium ion. Memang, belum ada data resmi berapa tenaga yang dihasilkan Aqua.

Potensi tenaga yang dihasilkan Aqua memang bisa lebih kecil, tapi konsumsinya diprediksi lebih irit dari Prius sebelumnya yang tercatat 50 MPG atau 21,2 km per liter. Toyota mengaku, selain menarik konsumen dari tingkat konsumsi bahan bakar yang irit Aqua punya senjata lain, yakni teknologi.

Untuk keselamatan, Aqua dilengkapi dengan 9-airbag, termasuk kontrol audio di lingkar setir dan konektivitas Bluetooth untuk telepon. Alternatif fitur tambahan yang disiapkan adalah Etune. Sistem hiburan layar sentuh yang bisa mengakses radio via intenet, brosing web sampai membaca email.

Dilihat dari tampilan, Toyota sepertinya membidik konsumen anak muda sebagai target pasarnya. Setelah mendebut di Tokyo, Toyota Aqua atau Prius C akan diluncurkan di AS dan Eropa awal tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com