Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Mahal Merpati Dikeluhkan

Kompas.com - 13/09/2011, 19:31 WIB

MERAUKE, KOMPAS.com - Tingginya harga tiket pesawat Merpati di Merauke, Papua,  dikeluhkan penumpang. Harga tiket pada saat musim Liburan, misalnya, melonjak hingga lebih dari dua kali lipat.

Tiket pesawat Merpati yang naik sangat tinggi ini jelas memberatkan masyarakat, ungkap Rahman (35), warga Merauke di Bandara Mopah Merauke, Selasa (13/9/2011).

Tiket rute Jayapura-Merauke pekan lalu, misalnya, sempat naik lebih dari dua kali lipat yaitu dari sekitar Rp 350.000-Rp 500.000 naik menjadi Rp 1 juta.

Mnenggapi itu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Merauke, Antonius Soegestianto, mengatakan, kenaikan harga tiket pesawat saat musim liburan merupakan hal wajar. Naik turunnya harga tiket secara nasional tidak hanya pada moda transportasi pesawat.

Pemerintah Kabupaten Merauke memiliki tiga pesawat jet Boeing 737-300 yang dioperasikan PT Merpati Nusantara Airlines melalui Kerja Sama Operasional (KSO) . Selain Boeing, Pemkab Merauke juga memiliki pesawat kecil jenis twin otter yang melayani rute-rute dekat, seperti ke Boven Digoel, Asmat, dan Keppi.

Saat ini hanya ada dua maskapai yang melayani rute jarak jauh dari dan ke Merauke menggunakan pesawat jenis jet yakni Merpati dan Batavia Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com