Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Modal Usaha Rp 500 Juta?

Kompas.com - 12/07/2011, 21:20 WIB

KOMPAS.com – Setelah sukses dengan musim pertama tahun 2010, Wismilak kembali menggelar Diplomat Success Challenge—kompetisi untuk mencari pengusaha baru yang andal yang akan direkam dan ditayangkan sebagai reality show. Calon pengusaha yang menjadi pemenang kompetisi ini akan mendapatkan hadiah berupa modal usaha senilai setengah miliar rupiah.

Hal ini disampaikan Surjanto Yasaputera selaku Chief Board of Commissioner Diplomat Success Challenge Season 2 dalam jumpa pers. “Tahun lalu saat membuka pendaftaran via web, kami mendapatkan 17 ribu orang yang men-download formulir. Proposal bisnis yang masuk lebih dari 1.000. Reality show tahun lalu juga sukses. Hal ini yang membuat kami kembali menyelenggarakan kompetisi ini,” ujar Surjanto di Ruang Ikat, Four Seasons Hotel, Jakarta, Senin (11/7/2011) lalu.

Surjanto menambahkan, kompetisi ini berbeda karena memberi apresiasi kreativitas calon entrepreneur, bahkan yang masih berbentuk ide. “Kalau yang lain memberikan reward atau award bagi entrepreneur yang sudah sukses, kami memberi penghargaan bagi yang baru memulai, bahkan yang masih berbentuk ide,” jelasnya.

Penilaian peserta kompetisi didasarkan pada kriteria 3P (Paham, Piawai, Pesona), yaitu karakteristik dasar yang harus dimiliki setiap orang untuk meraih sukses dalam berbisnis, di luar faktor fisik seperti modal usaha.

Helmy Yahya, pengusaha dan entertainer yang akan menjadi salah satu juri kompetisi, membagikan tips memulai bisnis berdasarkan pengalamannya sendiri.

“Saya lahir dan besar dari keluarga nonbisnis, bapak saya pedagang kaki lima. Selama 20 tahun saya bekerja sebagai pegawai negeri dengan penghasilan cukup. Saya pikir, kalau saya ingin lebih, saya juga harus punya effort lebih. Maka, saya keluar dari pekerjaan saya, lalu memulai berbisnis. Memang selalu ada ketakutan untuk start-up the business, tapi harus dilawan,” ujar Helmy.

Ia menambahkan, kompetisi ini nantinya akan mendorong calon pengusaha untuk lebih kreatif mengembangkan ide. “Banyak orang punya ide, tapi tidak bisa menulis. Ada yang bisa nulis, tapi tidak bisa presentasi. Ada yang bisa presentasi, tapi tidak bisa aplikasi. Gap antara kemampuan-kemampuan itu terlalu besar. Nah, kompetisi ini menantang calon entrepreneur untuk bisa kreatif menguasai semua kemampuan tersebut,” jelasnya.

Hal ini disepakati oleh Antarina S. F. Amir, akademisi dan Managing Director HighScope Indonesia. Menurutnya, seorang entrepreneur harus memiliki karakter yang lengkap.

Entrepreneur harus komplet untuk bisa maju. Yang paling penting memang harus selalu kreatif untuk bisa menyelesaikan masalah-masalah di lapangan. Delapan puluh persen orang sukses bukan karena sukses di sekolahnya, melainkan karena mampu mengembangkan ide-idenya. Banyak orang datang dengan ide kreatif, tapi dalam pelaksanaannya gugur. Ide kreatif harus ditunjang dengan komitmen agar terus berlanjut,” ujar pemilik tiga gelar master bisnis ini.

Program Diplomat Success Challenge dibuka bagi pria maupun wanita yang berusia 20-40 tahun, sehat jasmani dan rohani. Setiap peserta harus mengirimkan proposal berisi ide bisnis. Dari seluruh proposal yang masuk, akan dipilih 200 proposal untuk diaudisi di Surabaya, Bandung, Yogyakarta, dan Jakarta. Seleksi akan dilakukan untuk memilih 10 proposal terbaik.

Sepuluh kandidat dengan proposal terbaik akan dibagi dalam tim dan memulai rangkaian tugas kegiatan di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan kembali ke Jakarta. Di setiap kota, kandidat akan berkompetisi dalam tugas unik yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing kota dalam tenggat waktu yang telah ditentukan. Pada setiap tahapan kegiatan, kandidat akan di-review oleh Board of Commissioner saat menjalani business workshop serta proses eliminasi, hingga didapat tiga kandidat terbaik untuk melaju ke babak final.

Pemenang kompetisi ini akan mendapatkan uang tunai Rp 500 juta yang dapat dijadikan modal usaha. Keseluruhan proses pencarian pemenang akan disiarkan oleh Metro TV mulai 10 November 2011 hingga 22 Desember 2011, setiap Kamis pukul 22.30.

Bila Anda berminat mengikuti kompetisi ini, silakan mencari informasi dan persyaratan lengkapnya di website www.wismilak-diplomat.com. Proposal bisnis juga bisa dikirimkan melalui website ini mulai tanggal 11 Juli - 29 Agustus 2011. Proposal ide bisnis juga bisa dikirimkan via pos ke pihak penyelenggara di PO BOX 7145 JKS CL. Sertakan fotokopi KTP/paspor, serta foto setengah badan dan seluruh badan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com