Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendidikan Wujudkan Cita-cita Bangsa

Kompas.com - 31/05/2011, 15:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendidikan bukan sekedar persekolahan yang mengajarkan membaca, menulis, dan berhitung kepada siswa. Pendidikan semestinya dipandang sebagai bagian utama dari strategi perjuangan mewujudkan cita-cita kemanusiaan, kebangsaan, dan kemerdekaan Indonesia.

Oleh karena itu, pendidikan harus dipastikan fungsional. Pendidikan seharusnya mampu berkontribusi dalam pembentukan karakter tiap anak dan kebudayaan/peradaban mulia yang menjamin keamanan, keselamatan, dan kesejahteraan masyarakat.

"Langkah perbaikan dan penyelamatan bangsa ini ke depan sangat tergantung pada komitmen pemerintah untuk memprioritaskan pendidikan dan memuliakan guru," kata Sulistiyo, Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dalam penutupan Rapat Koordinasi Nasional PGRI di Jakarta, Selasa (31/5/2011).

Sulistiyo mengatakan PGRI meyakini jika bangsa Indonesia tidak bersungguh-sungguh menangani pendidikan dan guru, percepatan kemajuan bangsa yang mantap dan berkesinambungan tidak akan terjadi.

Dalam politik nasional yang terkait pendidikan, kata Sulistiyo, PGRI meminta pemerintah menghentikan praktik-praktik politisasi dan praktik pencitraan melalui dunia pendidikan. Pemerintah pusat dan daerah dinilai menjadikan hasil evaluasi pembelajaran ujian nasional (UN) di jenjang pendidikan dasar dan menengah untuk kepentingan politis dan gengsi.

"Harus dihentikan UN untuk kepentingan politis pemerintah. UN haruslah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam proses pembelajaran bermutu demi kepentingan terbaik siswa. Pemerintah harus mengejar pemerataan mutu pendidikan di semua sekolah," kata Sulistiyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com