Pekan Depan Perpustakaan UI Dibuka - Kompas.com

Pekan Depan Perpustakaan UI Dibuka

Kompas.com - 05/05/2011, 21:06 WIB

DEPOK, KOMPAS.Com - Gedung Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia (UI ) atau The Crystal Knowledge, dibuka mulai 13 Mei 2011 pekan depan. Perpustakaan Pusat UI itu dapat menampung sekitar 10.000 pengunjung dalam waktu bersamaan, atau diperkirakan akan menampung pengunjung sekitar 20.000 orang per hari.

Perpustakaan dapat menampung 3 juta hingga 5 juta judul buku, dilengkapi ruang baca, serta 100 silent-room bagi dosen dan mahasiswa. Diharapkan dari 100 ruangan tersebut, akan lahir minimal 100 jurnal internasional.

Kepala Sekretariat Pimpinan UI, Devie Rahmawati, di Depok, Kamis (5/5), menyebutkan, gedung perpustakaan ini didesain dengan konsep sustanaible building . Sistem peminjaman akan berbasis sepenuhnya ICT.

"Akses perpustakaan ini terhubung dengan pusat pembelajaran dan perpustakaan lain di dunia," kata Devie, Kamis (5/5) di Depok.

Perpustakaan ini mulai dibangun pada Juni 2009, dan menempati lahan seluas 2,5 hektar. Dengan luas bangunan sekitar 33.000 meter persegi, gedung perpustakaan terdiri atas delapan lantai yang terbagi dalam tiga tower. Pembangunan perpustakaan ini merupakan pengembangan dari perpustakaan pusat yang dibangun tahun 1986 sampai dengan 1987.

Devie mengklaim, fasilitas perpustakaan menjadi salah satu perpustakaan terbesar, termodern, dan terindah di dunia. Dia berharap perpustakaan ini akan menjadi motor internasionalisasi pendidikan tinggi di Indonesia.

Bekas gedung perpustakaan masing-masing fakultas dan pusat penelitian, akan direnovasi untuk memfasilitasi para dosen, peneliti, dan mahasiswa pascasarjana.


EditorAgus Mulyadi

Close Ads X