Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Legalisasi Ganja Akan Dibubarkan

Kompas.com - 05/05/2011, 19:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Polda Metro Jaya menentang adanya rencana aksi demonstrasi Lingkar Ganja Nusantara (LGN) tepat pada pelaksanaan KTT ASEAN, Sabtu (7/5/2011). Polda bahkan akan melakukan pembubaran paksa apabila aksi itu tetap dilakukan.

"Bubarkan. Pasti akan dibubarkan kalau sampai ada," ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Baharudin Djafar, Kamis (5/5/2011) di Polda Metro Jaya.

Ia mengatakan, selain karena melanggar undang-undang, aksi legalisasi ganja juga tidak baik bagi reputasi Indonesia menjelang KTT.

"Karena ini untuk keamanan dan kenyamanan tamu prioritas dan menyangkut kredibilitas negara, insya Allah akan dibubarkan," kata Baharudin.

Komunitas LGN ini memang selalu melakukan aksi damai setiap Sabtu pertama pada bulan Mei. Di dalam situs mereka, komunitas ini mengajak semua peserta Global Marijuana untuk melancarkan aksi damai tanggal 7 Mei 2011. Biasanya, aksi dilakukan di Bundaran Hotel Indonesia. Namun, karena ada pelaksanaan KTT ASEAN, aksi dipindahkan.

"Karena ada pelaksanaan KTT ASEAN tanggal 7 dan 8 Mei 2011, wilayah Bundaran Hotel Indonesia tidak bisa kita gunakan untuk acara Global Marijuana March 2011. Lokasi pindah ke Patung Kuda Arjuna Silang Barat Daya (Air Mancur) dekat Bank Indonesia Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta," tulis situs itu.

Pelaksanaan aksi ini akan dilakukan pukul 08.00-12.00. Bagi komunitas ini, ganja bukan barang terlarang, melainkan memiliki hubungan yang kuat dengan peradaban dan budaya manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com