Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arifinto Belum Ajukan Surat Pengunduran Diri

Kompas.com - 19/04/2011, 13:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Politisi PKS, Arifinto, yang sudah mengumumkan pengunduran dirinya sebagai anggota DPR dari Fraksi PKS pekan lalu ternyata belum mengajukan surat pengunduran dirinya ke Fraksi PKS DPR. Arifinto mengajukan tenggat untuk mundur karena masih memiliki keperluan di daerah pemilihannya, Jawa Barat VII. 

"Belum (ajukan surat pengunduran diri). Saya minta tenggang karena reses ini kan saya mesti ke dapil, kalau enggak nanti dikira korupsi. Karena kan saya sudah tanda tangan surat perjalanan dinasnya (sebelum mundur), uangnya sudah diterima, terus saya tidur di rumah, kan enggak bisa begitu," kata Arifinto di Gedung DPR, Selasa (19/4/2011). 

Ia berjanji akan segera mengajukan surat pengunduran diri ke fraksi setelah selesai berkunjung ke daerah pemilihannya yang meliputi Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Bekasi. Setelah itu, Arifinto mengaku akan segera menuntaskan proses pengunduran dirinya. "Ya mohon diberi ruang untuk melakukan sisa-sisa tugas terakhir saya," tambahnya.

Arifinto tepergok membuka konten porno dari komputer tabletnya di tengah sidang paripurna DPR, Jumat (8/4/2011). Beberapa setelah peristiwa itu, ia menyatakan mengundurkan diri sebagai anggota DPR. 

Untuk keluar dari DPR, Arifinto mengaku masih menunggu surat keputusan (SK) dari Presiden. Oleh karena itu, dirinya masih bisa datang ke Gedung DPR dan melakukan tugas Dewan. Menurut dia, jika dia tidak datang lagi sementara SK Presiden belum ada, dia bisa dinilai mangkir. 

"Nanti kalau SPJ (surat perintah jalan) sudah keluar saya tidak datang, mangkir, ya repot lagi, nanti dibilang enggak disiplin lagi. Bagaimana yang terbaik saja. Kalau masih ada kewajiban yang tersisa ya saya selesaikan dulu, kalau sudah tidak ada kewajiban lagi, persoalannya sudah clear semua dan partai juga sudah menentukan keputusan apa, ya saya siap. Artinya kita kan sebagai pelaksana keputusan partai, apa pun yang diputuskan partai ya kita laksanakan," ujarnya. 

Di tengah masa reses, Arifinto hari ini datang ke DPR untuk bertemu dengan anggota Fraksi PKS lainnya, Hidayat Nur Wahid. Menurut Arifinto, ia juga masih berkecimpung di partai sambil menunggu mekanisme yang terus berjalan. Arifinto juga ikut dalam rapat Majelis Syuro PKS yang digelar Jumat hingga Sabtu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com