Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengebom Memakai Celana Lima Lapis

Kompas.com - 16/04/2011, 12:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Agar tak mencurigakan, pelaku pengeboman di dalam Masjid Adz-Dzikro di lingkungan Markas Polres Kota Cirebon, Jawa Barat Jumat (15/4/2011) kemarin, menggunakan celana hingga lima lapis. Modus itu agar menyamakan dengan kondisi badan yang dilapisi bom.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Anton Bachrul Alam, mengatakan, pada lapis pertama, pelaku menggunakan celana dalam. Pada lapis kedua dan ketiga, pelaku menggunakan celana pendek. Lalu, pada lapis keempat pelaku menggunakan celana panjang.

Pada celana di lapis ke empat itu pelaku melilitkan lakban agar rapat. Pelaku kembali memakai celana panjang warna hitam pada lapis kelima. "Sehingga kelihatan gemuk," kata Anton saat jumpa pers di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (16/4/2011).

Anton mengatakan, pelaku menggendong semacam tas yang berisi bom. Sebelum meledakkan, tas itu lalu dipindahkan ke bagian perut bagian kanan. "Sehingga yang hancur bagian perut kanan. Adapun wajah masih utuh tak terluka," katanya.

Hasil pemeriksaan terhadap jenasah diketahui pelaku berjenis kelamin laki-laki, ras mongolid, golongan darah O, umur antara 25 tahun hingga 35 tahun, tinggi 181 cm, berat 70 kg, kulit kuning langsat, dan nomor sepatu 43 (10 inci).

"Ciri-ciri khusus di dahi kiri ada bekas luka, gigi seri atas ada yang patah dan gigi bawah masih lengkap. Kuku jempol tangan kiri ada bekas luka, dan jenggot tipis," ujar Anton didampingi Kepala Pusat Kedokteran Kesehatan Polri, Brigjen A Musadeq, Wakil Kabareskrim Polri Irjen Matius Salempang, dan jajaran humas lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com