Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Kaitkan 'Temanggung' dengan Agama

Kompas.com - 10/02/2011, 16:50 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo meminta kepada semua pihak untuk tidak mengaitkan kasus kerusuhan di Temanggung dengan isu agama. "Hukum ya hukum, biarkan berjalan. Kalau masalah agama, kembali ke Pancasila. Agamaku, agamaku, agamamu, agamamu. Berbeda tetapi tetap rukun," katanya di Semarang, Kamis (10/2/2011).

Bibit mengatakan, masyarakat harus kembali melandaskan nilai-nilai kehidupan kepada Pancasila. "Dari sana kerukunan dan toleransi antarumat beragama dilandaskan," ungkapnya. 

Bibit kembali menegaskan, hal-hal yang sudah diproses hukum adalah ranah hukum. "Sehingga jangan dikaitkan dengan persoalan agama," tegasnya. 

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kepala Polda Jawa Tengah Irjen Edward Aritonang telah mengatakan, untuk sementara sudah ditetapkan delapan orang pelaku kerusuhan di Temanggung. Sejumlah tersangka tersebut berinisial NHY, SD, AS, MY, SF, AK, AZ, dan SM. "Untuk kepentingan penyelidikan, kami tidak menyebutkan nama terang. Para tersangka dari sekitar kota Temanggung," katanya kemarin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com