Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peraih Kalpaltaru Aceh Meninggal Dunia

Kompas.com - 27/01/2011, 12:50 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Mahyiddin, peraih penghargaan Kalpataru tahun 2010 atas jasanya melakukan penyelamatan terumbu karang di kawasan Iboih, Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam, Rabu kemarin meninggal dunia karena sakit. Jenazah almarhum akan dikebumikan siang ini (Kamis, 27/1/2011).

Informasi yang dihimpun Kompas, laki-laki yang lebih dikenal dengan nama Dodent ini sempat menjalani perawatan di rumah sakit umum yang ada di Sabang, Udi M Jamil, salah satu kolega Dodent, membenarkan almarhum meninggal karena sakit. "Tadi malam. Saya tidak tahu persis sakitnya," ujar Udi.

Dodent (57) merupakan orang yang mencoba mengembangkan wisata bahari di bagian barat Pulau Weh atau dikenal sebagai Sabang. Sejak awal 1990 -an, dia mengembangkan kawasan Iboih sehingga dikenal sebagai salah satu tempat diving terbaik di Indonesia.

Dodent diakui sebagai salah satu pahlawan lingkungan karena dengan sukarela merawat dan memperbaiki terumbu karang di kawasan tersebut. Agustus 2010 lalu, saat berbincang singkat dengannya di Iboih, Sabang, Dodent menyatakan keinginannya untuk terus membantu meningkatkan pariwisata di Sabang, khususnya kawasan Iboih.

Menurutnya, sebagai daya tarik utama wisata bahari dan lingkungan, masyarakat harus terus menjaga kelestarian terumbu karang. Terumbu karang lestari, masyarakat pun sejahtera.

Saliza Mohammad, salah satu kolega almarhum mengatakan, almarhum akan dikebumikan di tempat pemakaman umum di Aneuk Laot, Sabang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com