Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM Dapat Rezeki Rp8,15 Triliun dari China

Kompas.com - 24/01/2011, 18:18 WIB

SANGHAI, KOMPAS.com - General Motors Company ketiban rezeki nomplok dari hasil kunjungan kenegaraan  Presiden China Hu Jintao, awal Januari lalu.  Raksasa produsen mobil Amerika itu mendapat  ekspor 900 juta dollar AS (Rp8,15 miliar), di mana 500 juta dollar AS berupa kendaraan - baik secara terurai (CKD) maupun utuh (CBU) - dan 400 juta dollar AS berupa komponen,  selama dua tahun ke depan. Proyek ini bekerja sama dengan mitra lokal China, Shanghai GM.

Dalam kunjungan ke AS,   Jintao dan Barack Obama mengumumkan kontrak kerjasama ekonomi kedua negara senilai 45 miliar dollar AS dalam berbagai bidang usaha. China berkomitmen meningkatkan investasi di AS hingga miliaran dollar AS untuk menciptakan 235.000 lapangan kerja baru.

"Kami komitmen untuk kerja bersama-sama mendukung perdagangan bilateral kedua negara," ujar Presiden sekaligus Direktur Pelaksana GM China Group Kevin Wale, seperti dilansir Dailyme.com, hari ini.

Berdasarkan penjualan global GM di dunia sepanjang 2010 mencapai 2,35 juta unit, China menjadi pasar terbesar dengan 1,03 unit menggeser posisi AS. Shanghai GM  mencatatkan diri sebagai merek terlaris di kendaraan penumpang alias passanger car.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com