Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koridor IX dan X, Bus dan Operator Siap

Kompas.com - 23/12/2010, 13:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono menyampaikan, bus transjakarta Koridor IX (Pinang Ranti-Pluit) dan Koridor X (Cililitan-Tanjung Priok) tinggal menunggu kesiapan petugas operasional untuk dapat beroperasi pada 31 Desember.

"Dari segi petugas, enggak gampang menyiapkan ratusan petugas. Saat ini sedang disiapkan, petugas tiket, pengamanan. Harapan kami 31 Desember rampung," katanya dalam Dialog Warga Kota Jakarta di Jakarta Media Center, Kamis (23/12/2010).

Sementara dari segi bus dan operator dinyatakan sudah siap. Menurut Udar, sebanyak 94 bus transjakarta yang terdiri dari 69 bus single dan 25 bus gandeng telah disiapkan.

Dari segi operator, Pemerintah Provinsi DKI telah menyelesaikan proses administrasi kerja sama dengan para operator yang terdiri dari operator hasil lelang dan konsorsium.

"Sudah ada legal aspek yang memayunginya, sebagian hasil lelang, sebagian lagi konsorsium," katanya.

Hari ini, Pemprov DKI melakukan uji coba bus transjakarta di kedua koridor tersebut untuk melihat kesiapan operasional dua koridor yang rencananya diluncurkan pada 31 Desember itu.

Uji coba dilakukan dengan menggunakan empat bus transjakarta yang terdiri dari dua bus gandeng berkapasitas 165 penumpang dan bus single yang kapasitasnya 80 penumpang.

Adapun Koridor IX, kata Udar, akan melayani penumpang dari 29 halte sepanjang Pinang Ranti hingga Pluit. Sementara Koridor X melayani 22 halte mulai dari Cililitan hingga Tanjung Priok.

Perbaikan di sejumlah halte yang akan dilalui oleh bus transjakarta Koridor IX dan X tersebut, lanjut Udar, sudah diselesaikan tahap pertamanya. "Koridor IX memang sebagian besar rusak karena komponennya dicuri, 18 halte habis, dan Koridor X, 14 halte," ujarnya.

Di Koridor X, ada satu halte tak terawat yang sengaja tidak diperbaiki saat ini, yakni Halte Prumpung, Jatinegara. Namun, Pemprov DKI berjanji akan memperbaikinya tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com