Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalpataru, Kembalikan Saja!

Kompas.com - 27/11/2010, 19:33 WIB
PEKANBARU, KOMPAS.com - Sultan Kerajaan Indragiri, Riau, Tengku Arief yang didampingi putra mahkota Tengku Parameswara  mengatakan mendukung pengembalian Kalpataru oleh salah satu pemimpin adat suku Talang Mamak, Patih Laman. "Kita mendukung pengembalian Kalpataru oleh Patih Laman. Karena Kalpataru diberikan oleh pemerintah atas keberhasilannya mempertahankan lingkungan adat dan alam sekitar," ujar Tengku Parameswara di Pekanbaru, Sabtu (27/11/2010).
 
Ia menambahkan, kondisi yang terjadi saat ini malah sebaliknya, pihaknya merasa gagal mempertahankan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, lanjut Tengku Parameswara, wajar jika Patih Laman berniat mengembalikan Kalpataru yang diterimanya tersebut. "Ini menunjukkan sportivitas Patih Laman. Ia merasa gagal mempertahankan hutannya. Oleh karena itu, wajib rasanya pihak Kesultanan Indragiri mendukung pengembalian ini," jelasnya.
 
Masyarakat Talang Mamak sepenuhnya berada di bawah Kesultanan Indragiri yang berpusat di Rengat. Hingga saat ini, pucuk pimpinan tertinggi Talang Mamak berada di tangan Sultan. Namun dalam kesehariannya, lebih banyak Patih yang bertugas memimpin masyarakatnya.
 
Patih Laman berniat mengembalikan Kalpataru yang diperolehnya pada tahun 2003 lalu kepada Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono.
 
Menurut Patih Laman yang dihubungi melalui sambungan telepon seluler di Sungai Ekok, Kecamatan Rakit Kulim, Indragiri Hulu, dirinya merasa tidak ada gunanya lagi menyimpan Kalpataru tersebut. "Kalpataru itu akan saya kembalikan kepada yang memberi yakni Presiden Indonesia," katanya.
 
Menurut Patih Laman, penghargaan Kalpataru yang diterima karena dedikasinya melestarikan hutan adat Talang Mamak dari Presiden Megawati Soekarnoputri itu sudah tidak layak lagi ia simpan. "Saat ini hutan adat Panguanan dan Panyabungan seluas 1.800 hektare yang dilestarikannya sudah rusak beralih fungsi menjadi kebun sawit dan pemukiman warga. Hutan adat itu dijualbelikan secara sepihak oleh oknum pejabat pemerintah setempat," katanya.
 
Ia mengatakan pihaknya, ingin mengembalikan Kalpataru tersebut pada Maret lalu. Namun terkendala biaya ke Jakarta.
  
Pihak LSM yang berada di Pekanbaru siap menfasilitasi. Tapi yang terjadi saat ini, hanya janji tanpa ada langkah konkrit untuk menfasilitasi keberangkatan Patih Laman ke Jakarta.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com