Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parade Tuntut UU Desa Sah

Kompas.com - 12/11/2010, 02:50 WIB

Jakarta, Kompas - Ratusan anggota Persatuan Rakyat Desa atau Parade Nusantara di berbagai tempat di Pulau Jawa, Kamis (11/11), turun ke jalan, menuntut segera ditetapkannya rancangan undang-undang tentang desa.

Para pengunjuk rasa ini juga mengumpulkan dana untuk korban bencana Merapi, Mentawai, dan Wasior. Dalam siaran persnya yang diterima Kompas, kemarin, Pembina Utama Parade Nusantara Budiman Sudjatmiko dan Ketua Umum Parade Nusantara Sudir Santoso mengatakan, pengumpulan dana ini dilakukan serentak dari Anyer sampai Panarukan oleh sekitar 500.000 kepala desa dan perangkat desa Parade Nusantara.

Dengan sumbangsih sebesar Rp 10.000 dari setiap kepala desa dan perangkat desa, diharapkan terkumpul Rp 5 miliar untuk disumbangkan dalam bentuk barang dan tunai, baik secara langsung kepada korban maupun melalui Palang Merah Indonesia,” kata Budiman dan Sudir.

Menurut Budiman, aksi turun ke jalan kepala desa dan perangkat desa ini terjadi di sekitar 23 titik di Pulau Jawa.

Dalam unjuk rasa di depan gedung DPRD Banten di Serang kemarin, Ketua Pembina Utama Parade Nusantara Provinsi Banten Suhaemi mengatakan, berdasarkan hasil kesepakatan audiensi dengan Kementerian Dalam Negeri, draf RUU tentang desa telah siap dan sesuai dengan perintah Presiden harus sudah selesai dalam dua kali masa sidang. ”Draf sudah diluncurkan ke DPR. Mudah-mudahan sebulan ini, bulan Desember nanti, bisa ketok palu jadi UU,” tutur Suhaemi.

Ketua Parade Nusantara Provinsi Banten Zainal Abidin Machmud mengatakan, begitu RUU tentang desa itu disahkan, masyarakat desa di seluruh Indonesia akan sejahtera. Hal yang diharapkan terkandung dalam regulasi tersebut antara lain adalah adanya alokasi dana desa minimal 10 persen dari APBN. ”Kalau APBN-nya Rp 1.000 triliun lebih, akan ada Rp 100 triliun yang mengucur ke desa,” kata Zainal Abidin Machmud.

Sementara itu, 240 kepala desa dan ratusan perangkat desa yang tergabung dalam Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia Kabupaten Subang, Jawa Barat, berencana berunjuk rasa di jalur utama pantai utara di Pamanukan, Subang. Namun, kepolisian setempat meminta mereka menyampaikan aspirasi ke DPRD Subang untuk menghindari risiko macet dan gangguan ketertiban umum di jalur nasional itu. Massa pun meluncur ke DPRD Subang.

Ribuan kepala desa yang tergabung dalam Parade Nusantara Kabupaten Kudus dan Jepara, Jawa Tengah, kemarin memblokir jalan pantai utara di Kabupaten Kudus. Di Brebes, sekitar 5.500 perangkat desa dan kepala desa berunjuk rasa di halaman gedung DPRD Brebes. Mereka menuntut pengesahan rancangan undang-undang tentang pemerintahan desa.

Di Jawa Timur, unjuk rasa terjadi di beberapa kabupaten. Di Sidoarjo, unjuk rasa digelar di Jalan Raya Porong sisi timur. Mereka memblokir sebagian jalan itu. Akibatnya, jalan sisi barat yang seharusnya hanya untuk menuju Surabaya atau arah utara dipecah menjadi dua arus.

(HEN/WIE/RAZ/ CAS/MKN/NWO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com