Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tunanetra Tewas di Istana Negara

Kompas.com - 10/09/2010, 15:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Seorang tunanetra tewas dalam insiden desak-desakan di pintu gerbang Istana, Jumat (10/9/2010) sore. Jhony Malela (45) meninggal lemas karena tidak kuat berdesakan dengan ratusan warga yang juga menunggu momen open house Lebaran di Istana Negara sekitar pukul 15.15.

"Dia posisinya di depan, trus mau ke belakang, enggak bisa. Kedorong kali ya sama di belakangnya, trus jatuh dan terinjak," kata salah satu petugas Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Theresia Indah Susanti, kepada wartawan, Jumat sore.

Theresia mengatakan, paramedis memiliki kesempatan sekitar 10 menit untuk membawa korban dari kerumunan menuju ambulans untuk diberikan pertolongan dan oksigen.

Sayangnya, pria asal Sulawesi yang tinggal di Cinangka ini sudah keburu mengembuskan napas terakhirnya. Saat ini, jenazah Jhony dibawa ke RS Cipto Mangunkusumo. Jhony diantar oleh istrinya yang juga tunanetra.

Selain Jhony, Theresia juga mengatakan, ada seorang warga yang juga dilarikan ke rumah sakit. Yanti yang sesak napas karena berdesakan akhirnya dikirim ke RS Tarakan. Sebelumnya, menjelang insiden ini, setidaknya ada tujuh ambulans yang disiagakan. Empat ambulans dari Dinkes DKI Jakarta, sedangkan tiga ambulans dari PMI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com