Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPS: Urbanisasi Pasca-Lebaran Tak Besar

Kompas.com - 07/09/2010, 08:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan mengatakan, jumlah penduduk yang berpindah ke kota (urbanisasi), terutama Jakarta, pasca-Lebaran tidak akan sebesar seperti perkiraan.

"Saya kira tidak akan terlalu besar, hidup di Jakarta kan juga perlu perhitungan cermat," kata Rusman di Gedung Kantor Menko Perekonomian Jakarta, Senin (6/9/2010) malam.

Menurut dia, imbauan agar pemudik Lebaran tidak kembali ke Jakarta dengan membawa teman-temannya tidak akan efektif mengerem keinginan orang datang ke kota-kota. "Jakarta dan kota-kota lainnya terbuka setiap saat, perpindahan penduduk terjadi setiap saat, jadi ngapain diuber-uber dan dicurigai pasca-Lebaran," katanya.

Menurut dia, karena sifatnya yang terbuka, orang dapat setiap saat masuk atau datang ke kota sehingga pemerintah daerah tidak perlu terlalu mengekspos masalah itu seperti dengan operasi yustisi.

"Kalau memang terjadi urbanisasi, angkanya tidak terlalu besar. Kalau ada yang bilang 200.000 orang sejak 10 tahun lalu, penduduk Jakarta sudah kayak apa," katanya.

Menurut dia, dimensi urban-rural tetap ada hingga saat ini dan akan tampak sangat jelas ketika Lebaran datang. "Pulang kampung berawal dari adanya urbanisasi, dia harus kembali ke akarnya di kampung halaman. Ini terjadi baik pada mereka yang sukses maupun yang tidak sukses," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com