Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY Pertimbangkan Faktor Kemanusiaan

Kompas.com - 20/08/2010, 17:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi menegaskan, tidak ada alasan lain yang diberikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk memberikan grasi kepada terpidana kasus korupsi, mantan Bupati Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, Syaukani Hassan Rais. Yang menjadi pertimbangan Presiden hanya faktor kemanusiaan.

"Pertimbangan yang diberikan Presiden untuk memberikan grasi kepada Syaukani adalah faktor kemanusiaan. Beliau dalam keadaan sakit," kata Sudi Silalahi dalam keterangan pers sebelum dimulai acara buka puasa bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan pimpinan lembaga negara, para menteri, serta eselon I di lapangan tengah Kompleks Istana, Jakarta, Jumat (20/8/2010) sore.

Menurut Sudi, usulan pengajuan grasi sudah disampaikan dua kali kepada Presiden SBY oleh Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar sejak beberapa waktu lalu. Namun, baru kali ini Presiden memenuhi permintaan tersebut.

"Pemberian grasi itu semata-mata karena faktor kemanusiaan. Coba, kalau teman-teman pers melihat kondisi Pak Syaukani, tentu akan berbeda melihatnya sekarang ini," tambah Sudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com