Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Priyo: Indonesia Perlu Balas Malaysia

Kompas.com - 16/08/2010, 15:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso, mengatakan, Pemerintah Indonesia harus memberikan pelajaran kepada Malaysia yang sudah menangkap 3 pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan. Tindakan tersebut dinilai sudah melecehkan dan kelewatan.

"Saya khawatir kewibawaan pemerintahan kurang dipandang sehingga kepolisian Diraja Malaysia arogan dan pongah. Sekali waktu kita perlu beri pelajaran kepada Malaysia. Saya merasa gregetan melihat tindakan mereka," kata Priyo, Senin (16/8/2010) di Gedung DPR, Jakarta.

Tindakan kepolisian Malaysia yang menangkap pegawai pemerintah dianggap sebagai tindakan provokasi. "Kalau mungkin rakyat biasa yang mereka curigai, itu wajar. Tapi kalau petugas berseragam, itu sama saja memprovokasi. Perlu kita balas. Tangkap juga petugas Malaysia, tahan saja," ujarnya.

Menurut Priyo, tindakan diplomasi kepada Pemerintah Malaysia harus dilakukan dengan tegas dan keras. Akan tetapi, tindakan tersebut belum sampai pada pemulangan duta besar. "Jangan juga komunikasinya seperti bangsa kecil. Apalagi peristiwa ini sudah terjadi untuk kesekian kali," kata Priyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com