Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yopie Arianto Bupati Termuda versi MURI

Kompas.com - 03/08/2010, 12:54 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com - Dalam usia 30 tahun, Yopie Arianto, hari Selasa (3/8/2010) resmi dilantik oleh Gubernur Riau, Rusli Zainal mewakili Menteri Dalam Negeri menjadi Bupati Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

Dipenghujung Sidang Paripurna Istimewa DPRD Inhu, J Ngadri, perwakilan dari Museum Rekor Indonesia memberikan Piagam buat Yopie sebagai Bupati Termuda di Indonesia pada saat ini.

Yopie, lahir di Rengat, ibukota Kabupaten Indragiri Hulu pada 10 April 1980. Ia dilantik menjadi Bupati pada usia 30 tahun, tiga bulan 23 hari. Sebelumnya rekor Muri dipegang oleh Sunarno, Bupati Klaten, Jawa Tengah yang dilantik pada usia 32 tahun 2 bulan pada 25 November 2005.

Yopie merupakan tokoh muda, putera sulung Sugianto, tokoh senior di Indragiri Hulu. Sugianto merupakan tokoh Partai Golkar Riau yang sangat disegani di daerahnya. Pada usia 28 tahun, Yopie sudah menjadi Ketua DPD Partai Golkar Inhu dan pada usia 29 tahun menjadi anggota DPRD Riau periode 2009-2014.

Sejak kecil, rumah Yopie di Rengat senantiasa didatangi oleh warga kecil terutama dari kalangan perantau Jawa. Rumahnya selalu terbuka dan siapa saja dapat datang mengadukan masalah atau perihal apapun yang dialami warga. Tidak heran bila rakyat Inhu memilihnya menjadi Bupati untuk lima tahun ke depan.

Yopie menamatkan Sekolah Dasar dan Sekolah Menenngah Pertama di Rengat dan melanjutkan SMA di Padang. Kemudian melanjutkan perguruan tinggi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Yogyakarta.

Rusli Zainal dalam sambutannya meminta Yopie segera melaksanakan tugas mengemban amanat rakyat dan tidak terlena dengan kemenangan. "Tugas berat sudah menanti. Banyak pekerjaan yang harus segera dilaksanakan dan rakyat Indragiri Hulu menanti," ujar Rusli.

Setelah dilantik, Yopie menyampaikan terima kasih kepada warga Inhu yang telah memberinya kepercayaan memimpin daerah yang berbatasan dengan Provinsi Jambi itu selama lima tahun ke depan. Yopie berjanji akan mewujudkan materi pada saat kampanye yakni akan meningkatkan pembangunan dalam bidang perkebunan, pertanian, pendidikan, kesehatan dan peningkatan ekonomi rakyat.

Yopie memenangkan Pemilu Kepala Daerah Inhu pada 3 Juni 2010 lalu dengan mengalahkan calon incumbent Bupati Mujtahid Thalib dengan mengantongi suara 36 persen suara. Yopie yang berpasangan dengan Harman Harmaini menguasai 10 kecamatan dari 14 kecamatan yang ada di Inhu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com