Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Novel 'Obama dari Asisi' Diluncurkan

Kompas.com - 10/06/2010, 13:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Meski Presiden Amerika Serikat Barack Obama tak jadi datang ke Indonesia bulan Juni ini, novel berjudul Obama dari Asisi tetap diluncurkan di SD Asisi Menteng Dalam, Jakarta, Kamis (10/7/2010). Acara peluncuran novel karya Damien Dematra ini dihadiri oleh mantan guru dan teman-teman kecil Obama ketika duduk di kelas I-III SD.

Kisah yang ditampilkan Damien dalam buku ini tak jauh berbeda dengan kisah dalam buku pertamanya, Obama Anak Menteng, yang berisi kisah kehidupan Obama semasa hidup di Indonesia dari sudut pandang mantan guru dan teman-teman kecilnya.

"Novel ini berisi perjuangan Obama ketika baru datang ke Indonesia dan sempat mengalami culture shock karena sama sekali tidak bisa berbahasa Indonesia. Untunglah ada peranan guru yang mengajar di sana, membantu dia untuk beradaptasi," tutur Damien.

Obama meninggalkan kesan mendalam bagi SD Asisi karena di sini Obama menghabiskan masa kecilnya sekitar tiga tahun, jauh lebih lama dibanding di SD Besuki Menteng, ketika tinggal di Indonesia. Buku ini diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama dan dijual sekitar Rp 45.000.

Acara peluncuran buku ini juga diwarnai penyerahan buku secara simbolis dari Damien kepada mantan guru dan lima teman kecil Obama. Teman-teman kecil Obama ini memang menyediakan waktu khusus untuk peluncuran buku ini yang seharusnya dekat dengan kedatangan Obama. Hadir pula Hasan Faruq Ali yang menjadi pemeran Obama kecil dalam film Obama Anak Menteng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com