Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR Bahas Lagi 33 Usulan Pemekaran

Kompas.com - 21/04/2010, 22:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Komisi II DPR RI berencana membahas usulan pemekaran atau pembentukan daerah otonom baru, yang tidak selesai dibahas oleh Komisi II DPR periode sebelumnya. Pembahasan dijadwalkan akan mulai dilakukan pada hari Kamis besok.

"Kami akan mulai membahas (usulan pembentukan daerah otonom baru), besok. Kami akan cek administrasi, akan kami buka lagi data usulan pemekaran daerah," kata Wakil Ketua Komisi II DPR Ganjar Pranowo seusai rapat Tim Kerja Otonomi Daerah di gedung DPR, Rabu (21/4/2010) siang tadi.

Menurut Ganjar, ada 60 usulan pembentukan daerah otonom baru yang sudah masuk Komisi II sejak periode 2004-2009. Sebanyak 33 usulan diantaranya sudah pernah dibahas oleh DPR, sedangkan sisanya baru sekedar usulan dan belum diproses.

Saat ini, DPR akan memrioritaskan pembahasan 33 usulan pembentukan daerah otonom yang sebelumnya sudah dibahas Komisi II periode 2004-2009. Tidak ada target kapan pembahasan usulan pemekaran daerah itu diselesaikan, karena Rancangan Undang-Undang pembentukan daerah bersifat tentatif dan tidak masuk program legislasi nasional.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com