Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas Green Fun Bike

Kompas.com - 08/04/2010, 15:42 WIB

SURABAYA, KOMPAS - Gerakan sepeda untuk segala aktivitas akan semakin lengkap dengan kehadiran tempat parkir sepeda di tempat strategis. Untuk itu, perlu juga peran serta perusahaan dan tempat perbelanjaan untuk menyediakan lahan parkir sepeda.

"Sebelum membuat jalur sepeda ada juga yang bisa dilakukan untuk memfasilitasi pesepeda seperti mengampanyekan penyediaan tempat parkir sepeda di tempat publik," ujar person in chief Bike to Work Chapter Surabaya Ahmad Basori, Rabu (7/4).

Ahmad mengatakan, tahun 2008 Bike to Work sempat meminta agar setidaknya semua taman di Surabaya menyediakan tempat parkir sepeda. Kenyataanya, dorongan para komunitas pesepeda ini belum juga terealisasi.

Padahal saat ini minat orang untuk bersepeda tergolong meningkat. Mereka tidak lagi hanya bersepeda ke tempat kerja, tapi juga ke pusat perbelanjaan, taman, dan tempat hiburan. Sayangnya, keberadaan tempat sepeda di gedung perkantoran masih jarang.

"Kantor saya sudah ada tempat parkir sepeda. Tapi masih banyak perusahaan belum menyediakan," kata Ahmad.

Vitasari Anggraeni, yang bekerja di sebuah bank di kawasan Basuki Rahmat, mengatakan kantornya belum menyediakan tempat parkir sepeda. Padahal rekan-rekan sekerjanya termasuk pengguna sepeda.

"Akhirnya banyak yang memilih tidak bersepeda karena bingung mau parkir di mana," ujarnya.

Salah satu kendala mengajak orang bersepeda ke tempat kerja juga soal risiko di jalan. Hal ini diakui oleh Vitasari. "Kami masuk pukul 07.00, jalanan sudah macet, apalagi tidak ada jalur sepeda sehingga berisiko tinggi," tuturnya.

Saat ini gedung Kompas Gramedia di Jalan Raya Jemursari telah menjawab kebutuhan para pesepeda dengan menyediakan tempat parkir sepeda. Acara Kompas Green Fun Bike yang dimulai di Surabaya, Gresik, Mojokerto, dan Bangkalan, Minggu (11/4), diharapkan bisa menjadi wadah bagi para pesepeda di Surabaya, bahkan Jawa Timur. (SIN)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com