Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow... Museum Fatahillah Merah Seketika

Kompas.com - 13/03/2010, 21:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pertunjukan video mapping 3D di Taman Fatahillah, Sabtu (13/3/2010) malam, menarik perhatian ribuan penonton yang penasaran dengan pertunjukan yang baru pertama kali digelar di Indonesia itu. Berdasarkan pantauan Kompas.com, penonton berseru, "Woaa...." setelah gedung Museum Fatahillah tiba-tiba berubah warna menjadi merah, ungu, kemudian oranye, hijau, dan berganti motif setiap beberapa menit.

Pertunjukan selama 10 menit itu memperlihatkan transformasi gedung museum menjadi hutan, arena bermain, bermotif batik, panggung tarian dengan teknologi tinggi yang menggabungkan gambar bergerak, fotografi, dan grafis komputer.

Seorang pengunjung, Berry (26), mengaku kagum dan terkejut menonton pertunjukan itu. "Bagus banget, ini pertama kali di Fatahillah. Karena saya asli sini, jadi saya tahu ada pertunjukan apa aja di sini. Ini pertama kali. Kaget aja," katanya.

Pertunjukan bersejarah tersebut merupakan hasil kreativitas seniman Indonesia dan Inggris. Salah satu pembuatnya, Sakti Parantean, mengaku membutuhkan waktu sekitar dua bulan untuk menyelesaikan proyek tersebut. Biaya untuk pembuatannya pun cukup mahal.

Menurut Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Kebudayaan dan Pariwisata, Aurora Tambunan, Pemerintah Daerah DKI Jakarta bekerja sama dengan British Council mengeluarkan sejumlah dana yang cukup banyak. Pertunjukan video mapping 3D merupakan upaya untuk menggerakkan masyarakat agar berpartisipasi dalam menciptakan Kota Tua sebagai kawasan industri kreatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com