Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gus Dur Tak Mau Dikawal

Kompas.com - 30/12/2009, 21:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Baik para pemimpin maupun pejabat di negeri ini biasanya mendapatkan pengawalan ketat jika bepergian ke mana pun. Aturan ini tak berlaku bagi mantan presiden keempat RI, almarhum Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Orang dekat Gus Dur, Hermawi Taslim, mengungkapkan bahwa Gus Dur tak pernah mau memakai iring-iringan pengawal jika bepergian. Seperti lazim dijumpai di jalanan, para pejabat negara, apalagi mantan presiden, biasanya diikuti beberapa mobil maupun motor pengawal dari pihak kepolisian.

"Gus Dur dikenang sebagai sosok yang sederhana. Beliau sangat sederhana. Makan seadanya. Tidak pernah mau dikawal ketat. Tidak pernah mau melalui jalan VIP. Agak susah mendapatkan sosok seperti Gus Dur," kata Hermawi dengan suara tersendat kepada Kompas.com, Rabu (30/12/2009) malam.

Sejak lengser dari kursi kepresidenan, Gus Dur mendapatkan tiga pengawal pribadi. Akan tetapi, hubungannya dengan para pengawal seperti teman. "Gus Dur itu sering ngobrol seperti teman dengan para pengawalnya atau ajudannya. Obrolannya bisa soal memelihara bebek, lele, dan lain-lain. Beliau sangat low profile," ungkap Hermawi yang pernah menjabat ketua DPP PKB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com