Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu Siapkan Kliping Koran

Kompas.com - 25/12/2009, 15:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Departemen Keuangan menyatakan siap mendukung Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ketika dipanggil tim panitia khusus (pansus) Angket Century DPR nanti. Menurut Dirjen Pengelolaan Utang Depkeu Rahmat Waluyanto, pihaknya bakal menyiapkan data-data yang dibutuhkan oleh Menkeu saat menghadap pansus nanti.

"Kalau bu Menteridi panggil pansus, kita menyiapkan bahan-bahan terkait. Kita mendukung sesuai dengan bidang kita. Ini untuk profesionalitas ya, bukan dukungan terhadap personal," ujarnya, saat open house perayaan Natal, di rumah dinasnya, Cilandak, Jakarta, Jumat ( 25/12/2009 ). Disamping itu, imbuhnya, pihaknya juga akan memberikan dukungan secara moral terhadap pimpinannya di Depkeu itu.

Sebenarnya, lanjut Rahmat, Menkeu telah mempersiapkan diri untuk menghadapi cecaran pertanyaan dari anggota Dewan nanti. "Ibu sudah mengantisipasi apapun yang ditanya bisa dijawab setransparan mungkin. Sudah siap dengan segala sesuatu," tuturnya.

Dia membocorkan, Menkeu telah menyiapkan segepok data yang sanggup membuktikan bahwa keputusan penyelamatan bank Century (kini Bank Mutiara) itu, berdasarkan alasan yang benar. Pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah kliping koran dari semua media yang diterbitkan pada bulan September hingga Desember 2008 yang berisi ulasan soal kondisi krisis ekonomi global yang tengah mengancam. Saat itu, banyak pengamat yang berbicara di media dan memperkirakan bahwa krisis ini akan membesar serta dikhawatirkan bakal lebih parah dibandingkan krisis 1998 .

"Pengamat-pengamat yang sekarang banyak mengkritik kebijakan soal pengucuran dana talangan Century, mereka dulu itu mengatakan kalau Indonesia sebenarnya krisis," terangnya.

Diketahui, tim pansus Century memastikan akan memanggil jajaran Depkeu, termasuk Sri Mulyani seusai masa reses pada 4 Januari tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com