Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Askes Galakkan Program Dokter Keluarga

Kompas.com - 21/12/2009, 21:57 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - PT Askes berencana menggalakkan program dokter keluarga sebagai upaya peningkatan pelayanan. Selain dinilai efisien, program dokter keluarga juga dapat memberikan jam pelayanan yang tidak terbatas dibandingkan dengan pelayanan di pusat kesehatan masyarakat.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat PT Askes, Lilik Kusharini, Senin (21/12/2009), mengatakan, dari 15,7 juta peserta asuransi kesehatan PT Askes di seluruh Indonesia, hanya sekitar 20 persennya yang menggunakan program dokter keluarga selama tahun 2009. "Askes menargetkan pertumbuhan peserta yang menggunakan program dokter keluarga mencapai 50 persen pada tahun depan," kata Lilik, di sela-sela press tour Askes, di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Belum banyaknya peserta yang menggunakan jasa dokter keluarga karena masih minimnya sosialisasi program tersebut kepada peserta Askes yang terdiri atas Pegawai Negeri Sipil, pensiunan, dan veteran. Saat ini, kebanyakan peserta masih menggunakan jasa pelayanan di puskesmas terdekat.

Dengan semakin banyaknya peserta yang mengikuti program dokter keluarga dapat meningkatkan efisiensi biaya dan pelayanan. "Peserta dapat langsung ditangani dokter tanpa harus langsung dirujuk ke rumah sakit sehingga menekan biaya untuk pengobatan di RS," kata Lilik.

Kepala Kantor Cabang Utama (KCU) Askes Semarang, Veronica Margo S mengatakan, dokter keluarga akan menjadi program unggulan Askes ke depannya karena berbasis pada pelayanan terencana sebagai bagian dari rawat jalan tingkat pertama.

Sejak memulai program ini pada September 2009, KCU Semarang baru memiliki 50 dokter keluarga di Kota Semarang yang rata-rata menangani 600 peserta Askes. Dari 179.155 peserta baru sekitar 30.000 orang yang mengikuti program tersebut.

KCU Semarang memiliki 371.226 peserta yang tersebar di Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Demak, Kendal, dan Grobogan. Veronica menargetkan, pada tahun 2010 mendatang, terdapat 290 dokter keluarga yang menangani peserta di lima daerah tersebut.

Pada tahun 2009 ini, KCU Semarang mendapatkan penghargaan sebagai kantor cabang Askes paling berprestasi di Indonesia karena dianggap telah melahirkan inovasi sebagai upaya peningkatan pelayanannya. "Kantor cabang ini menciptakan program inovatif seperti melayani keluhan peserta melalui layanan pesan singkat," kata Lilik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com