Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Penghargaan Habibie Award Kembali Diberikan

Kompas.com - 05/11/2009, 19:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka memperingati HUT yang ke-10, The Habibie Center (THC) akan menggelar serangkaian kegiatan selama dua hari pada 10-11 November 2009 di Hotel Grand Melia, Kuningan, Jakarta. Dari serangkaian kegiatan, akan ada pemberian penghargaan kepada tiga orang pemenang Habibie Award 2009.

Ketiga orang tersebut adalah Edi Tri Baskoro (Pakar Matematika Kombinatorika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung), Nurul Taufiqu Rochman (Peneliti LIPI dalam bidang Material Lanjut dan Nanoteknologi),dan Ajip Rosidi (Budayawan).

"Penghargaan Habibie Award setiap tahunnya diberikan kepada perseorangan ataupun badan yang dinilai sangat akif dan berjasa besar dalam menemukan, mengembangkan dan menyebarluaskan berbagai kegiatan IPTEK yang inovatif, bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan, keadilan, dan perdamaian. Termasuk di dalamnya bidang kebudayaan," ujar Wardiman Djojonegoro selaku Ketua dewan pengurus Yayasan SDM IPTEK The Habibie
Center.

Edi Tri Baskoro dipilih oleh dewan juri karena kontribusinya yang signifikan dalam pemecahan permasalahan derajat/diameter dalam teori graf. Permasalahan ini terkait erat degan perancangan jaringan interkoneksi sistem komputasi paralel. Nurul Taufiqu Rochman dipilih oleh dewan juri karena dinilai sukses mengembangkan nanoteknologi dalam bidang teknologi perpipaan Indonesia. Sedangkan Ajip Rosidi dinilai berjasa dalam pengembangan kebudayaan sastra sunda dalam tataran international.

Selain mendapatkan piagam medali emas, para peraih penghargaan Habibie Award masing-masing juga akan menerima uang tunai sebesar 25.000 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com