Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Anggota DPR, Budiman Sujatmiko Dirikan Rumah Aspirasi

Kompas.com - 04/10/2009, 17:50 WIB

BANYUMAS, KOMPAS.com - Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Budiman Sujatmiko mendirikan Rumah Aspirasi Budiman Sujatmiko, di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Minggu (4/10). Rumah itu akan menjadi rumah rakyat khususnya di wilayah Kabupaten Banyumas dan Cilacap dalam menyampaikan aspirasinya kepada Budiman Sujatmiko sebagai anggota DPR RI terpilih dari daerah pemilihan VIII yang meliputi kedua kabupaten tersebut.

Budiman mengatakan, rumah aspirasi itu merupakan caranya menjawab seluruh janji-janjinya dalam kampanye pemilihan anggota legislatif yang lalu kepada masyarakat Banyumas dan Cilacap. "Saya letih dan risau, apakah lima tahun mendatang rakyat yang saya wakili, hidupnya akan lebih baik dibandingkan saat saya mengenal mereka semasa kampanye," katanya.

Lewat rumah aspirasi itu, Budiman mengatakan, pihaknya akan bekerjasama dengan anggota DPRD di tingkat provinsi dan kabupaten, untuk sama-sama memperjuangkan aspirasi masyarakat terkait pembangunan, bukan masalah bagi-bagi uang. Oleh karena itu, Rumah Aspirasi Budiman Sujatmiko pun akan dilengkapi sejumlah fasilitas bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya.

Setiap aspirasi masyarakat yang masuk nantinya akan dibahas dan dikategorikan berdasarkan kapasitas permasalahannya. Jika permasalahan yang disampaikan memiliki kapasitas nasional, akan diperjuangkan di DPR RI berupa undang-undang. Namun permasalahan yang menyangkut pembangunan konkrit infrastruktur jalan, akan menjadi kewenangan DPRD kabupaten.

Tindak lanjut dari setiap aspirasi yang masuk, lanjut Budiman, tentu tak semuanya dapat dipenuhi 100 persen, karena sangat tergantung pada komitmen masing-masing anggota legislatif di kabupaten, provinsi, dan pusat, untuk memperjuangkannya. "Karena itu, dalam hal ini ada perjuangan politik, yang menuntut komitmen masing-masing anggota dewan," katanya.

Menurutnya, rumah aspirasi ini terbuka bagi setiap kalangan masyarakat maupun partai politik, tak hanya terbatas pada PDI Perjuangan. "Tapi tentu saya juga mengharapkan agar rumah aspirasi ini bisa memberikan implikasi positif terhadap PDI Perjuangan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com