2 Oktober, Pelajar Juga Pakai Batik Dong!

Kompas.com - 29/09/2009, 13:53 WIB
Editor

KARANGANYAR, KOMPAS.com - Selain karyawan pemerintah dan swasta, Bupati Karanganyar, Jawa Tengah, juga meminta para pelajar mengenakan baju batik, terkait penetapan batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia (world heritage) oleh Unesco pada 2 Oktober 2009 mendatang.

"Penetapan sebagai warisan budaya dunia membuat kita bangga, dan untuk menyambut ini kami meminta seluruh warga silahkan mau pakai motif apa saja yang penting batik," kata Bupati Karanganyar Rina Iriani SR, di Karanganyar, Selasa (29/9).

Rina juga mengatakan, diharapkan penggunaan batik itu dilakukan minimal satu minggu sekali. "Saya minta untuk pembelian baju batik para pelajar dimusyawarahkan dengan orang tua murid sehingga tidak memberatkan," ujarnya.

Terkait itu, untuk tahun 2010 Pemkab Karanganyar akan menganggarkan pembelian pakaian seragam batik yang selama ini belum pernah dimasukkan dalam anggaran. Pemakaian seragam itu bukan untuk bermewah-mewahan, karena untuk melestarikan budaya asli Indonesia, hal itu juga sekaligus untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, mengingat di Karanganyar cukup banyak perajin batik tulis. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X