Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Oktober, Pelajar Juga Pakai Batik Dong!

Kompas.com - 29/09/2009, 13:53 WIB

KARANGANYAR, KOMPAS.com - Selain karyawan pemerintah dan swasta, Bupati Karanganyar, Jawa Tengah, juga meminta para pelajar mengenakan baju batik, terkait penetapan batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia (world heritage) oleh Unesco pada 2 Oktober 2009 mendatang.

"Penetapan sebagai warisan budaya dunia membuat kita bangga, dan untuk menyambut ini kami meminta seluruh warga silahkan mau pakai motif apa saja yang penting batik," kata Bupati Karanganyar Rina Iriani SR, di Karanganyar, Selasa (29/9).

Rina juga mengatakan, diharapkan penggunaan batik itu dilakukan minimal satu minggu sekali. "Saya minta untuk pembelian baju batik para pelajar dimusyawarahkan dengan orang tua murid sehingga tidak memberatkan," ujarnya.

Terkait itu, untuk tahun 2010 Pemkab Karanganyar akan menganggarkan pembelian pakaian seragam batik yang selama ini belum pernah dimasukkan dalam anggaran. Pemakaian seragam itu bukan untuk bermewah-mewahan, karena untuk melestarikan budaya asli Indonesia, hal itu juga sekaligus untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, mengingat di Karanganyar cukup banyak perajin batik tulis. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com