Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Selamatkan Pamor Jepang di Frankfurt

Kompas.com - 21/09/2009, 08:53 WIB

LAPORAN LANGSUNG KORESPONDEN ANANTA ENDAH

FRANKFURT, KOMPAS.com
- Sekalipun partisipan pabrikan berkurang, toh antusias pengunjung menyaksikan Frankfurt Motorshow ke 63 tetap tinggi untuk melihat dari dekat kendaraan termahal, tercepat atau yang paling macho. Yang kucup mengejutkan, 4 pabrikan asal Jepang (Mitsubishi, Nissan, Daihatsu dan Honda) mengundurkan diri. Kendati begitu, beruntung masih ada pabrikan terbesar Toyota dan bebera pa lainnya menyemarakkan IAA-Internationalen Automobil-Ausstellung sampai 27 September mendatang.

Toyota yang pasang target 2020 semua produknya sudah mengusung teknologi ramah lingkungan, pada pameran ini sudah memberi isyarat. Seperti Prius yang jadi primadona di pasaran dunia dengan hybrid, di Messe Fraznkfurt ini tampil dengan model plug-in. Kemudian ada Auris HSD sebagai kendaraan studi konsep yang menggunakan sistem hybrid penuh.

Masih dari stan Toyota, di sisi lain tampak mejeng si kecil IQ yang sudah mengusung mesin listrik. Tak ketinggalan kendaraan penjelajah Land Cruiser.

Mazda, termasuk salah satu produk Jepang yang cukup diminati konsumen Jerman, hadir dengan teknologi inovatif untuk pameran Frankfurt Motorshow 2009. Dari sekian banyuak varian ditampilkan, yang cukup mengundang perhatian MX-5 Superlight- Roadster.

Selain itu, ada CX-7 Sport-Crossover yang dua tahun lalu dilangsir menggunakan mesin berbahan bakar bensin bertenaga 260 dk. Kini, CX-7 muncul dengan mesin diesel 2,2 liter commonrail dengan kekuatan 173 dk. Selain diklaim lebih hemat, punya pilihan warna “Aluminium Metalic” dan “Stromy Blue Mica” .

Suzuki, merupakan salah satu prinsipal Jepang yang mendapat keuntungan dari program insentif pemerintah Jerman. Karena itu angka penjualan Suzuki kuartal musim panas ini sangat positif. Dengan latar belakang itu, di IAA ini mereka membawa kendaraan kecil. “Tema sentral penampilan Suzuki kali ini adalah kompetensi kendaraan kecil,” ungkap Minoru Amano, Presiden Suzuki International Europe GmbH.

Produk yang diandalkan SX-4 Urban-Cross-Cars bermesin diesel 2.0 liter injeksi plus torsi maksimal 320Nm. Tenaga yang dimiliki 135 dk. Suzuki Swift yang beberapa puluh tahun lalu sempat jadi ikon kendaraan kaum muda, kini muncul lagi dengan model khusus “limited 25” dengan interior jok kulit Alcantra.

Bagi penggemar Suzuki Motor pun ada kesempatan untuk menikmati produk pilihan, seperti Alsatre Brux Suzuki GSX-R1000 atau juga Gladius –SFV650k9. Semua terpajang di hall 3.1

Pabrikan Jepang terakhir, Subaru yang dikenal dengan sistem penggerak empat roda. Mereka menampilkan Subaru Legacy yang sudah muncul sejak 20 tahun lalu, menampilkan versi terbaru generasi kelimanya. Tampilan tetap mengetengahkan sporty handling dan safety performance dan akan diperkenalkan akhir September ini bertepatan dengan hari ultang tahun ke-20 Subaru.

Selain itu, Subaru juga menampilkan SUV Outback, dengan sistem Symmetrical All-Wheel-Drive. Outback terbaru ini merupakan generasi ke empat bermesin bensin 2,5 liter dan 2,0 liter boxerdiesel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com